Share

Yati Surachman Pindah Agama di Usia 12 Tahun, Sempat Sholat Usai Dibaptis

Intan Afika Nuur Aziizah, Okezone · Rabu 16 Maret 2022 12:47 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 16 33 2562508 yati-surachman-pindah-agama-di-usia-12-tahun-sempat-sholat-usai-dibaptis-UYlnGKXkMw.jpg Yati Surachman (Foto: IG Yati)

JAKARTA - Aktor senior Yati Surachman sempat menghebohkan publik karena kepindahan agamanya dari Muslim menjadi Kristen. Ternyata, Yati sudah menjadi seorang kristiani sejak usia 12 tahun, bukan di usianya yang sudah 64 tahun saat ini.

Hal tersebut dijelaskan Yati melalui kanal YouTube Denny Sumargo. Perjalanan rohaninya memang dipenuhi lika-liku yang sulit. Bahkan, Yati masih menjalankan salat di hadapan keluarganya meski sudah dibaptis. Bukan tanpa alasan, dia merasa begitu takut untuk mengakui keputusannya tersebut.


Yati Surachman

"Umur 12 aku udah masuk Kristen, cuma memang masih dalam lingkungan keluarga, aku di rumah masih melakukan salat tapi cuman gerak, makanya aku selalu dianggap keluarga 'kamu salat kok cepat amat sih,' aku gak bisa jawab, dalam hati kan imanku udah Kristen gitu," kata Yati dalam kanal YouTube CURHAT BANG Denny Sumargo, dikutip Rabu (16/3/2022).

Saat masih kecil, Yati mengaku memiliki beban tersendiri sebagai anak sulung karena harus selalu memberikan contoh yang baik pada adik-adiknya. Tak jarang, dia pun terkena omelan sang ibu akibat perilakunya yang dinilai tidak baik.

Merasa sedih, Yati pun kerap pergi bermain ke rumah tetangganya yang kebetulan keluarga Kristen. Dia mencurahkan seluruh isi hatinya kepada tetangga soal sang ibu yang terus memarahinya. Tiba-tiba, dia tertarik melihat sebuah pohon besar berhias yang begitu indah. Rupanya, pohon itu adalah Pohon Natal.

"Ada satu tetangga yang Kristen, aku sering ngobrol, 'Tante aku selalu dimarahi terus'. Suatu saat aku datang ada Pohon Natal, mungkin Desember ya, 'tante pasang pohon gede banget bagus banget,'" kenangnya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Pada saat itulah, Yati menemukan kedamaian tersendiri kala melihat Pohon Natal di rumah sang tetangga. Dia mengaku bebannya seperti lenyap begitu saja setelah menatap pohon tersebut. Yati pun semakin penasaran dan banyak bertanya mengenai Pohon Natal kepada sang tetangga.

"Melihat pohon Natal jadi senang, di sini (hati) nyaman gak ada beban, " ungkapnya.

Pertanyaan yang dilontarkan Yati kecil itu justru membuat tetangganya ketakutan, karena keluarga Yati memang memeluk agama Islam. Namun, Yati yang masih kecil itu sangat bersikeras ingin mengetahui lebih dalam mengenai Pohon Natal dan ajaran Kristen. Sejak saat itulah, Yati benar-benar mantap untuk menjadi kristiani.

"Setelah itu akhirnya yaudah, jadi ikut-ikutan ke gereja, ngumpet-ngumpet, tapi tetap kan di rumah suruh salat, yah itu gerak doang," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini