Share

Profil Hilman Hariwijaya, Penulis Novel Legendaris Lupus

Siska Permata Sari, Jurnalis · Rabu 09 Maret 2022 13:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 09 33 2558774 profil-hilman-hariwijaya-penulis-novel-legendaris-lupus-X7tnba0tmh.jpg Hilman Hariwijaya (Foto: IG Hilman Hariwijaya)

JAKARTA - Kabar duka menyelimuti dunia hiburan dan literasi. Penulis novel Lupus, Hilman Hariwijaya, dikabarkan meninggal dunia pada 9 Maret 2022 di usia 57 tahun.

Kabar tersebut disampaikan oleh mantan istrinya, Nessa Sadin, di media sosial Instagramnya.

“Innalillahi wainnalillahi rojiun. Telah berpulang Hilman Hariwijaya Rabu, 9 Maret 2022 pukul 08.02 wib. Mohon dibukakan pintu maaf sebesar-besarnya untuk almarhum,” tulis Nessa di Instagram pribadinya, seperti dikutip pada Rabu (9/3/2022).

Hilman Hariwijaya

Hilman Hariwijaya merupakan penulis yang cukup populer di era ‘80 dan ‘90-an. Namanya melejit usai menulis cerita pendek berjudul Lupus di majalah Hai pada Desember 1986. Cerpen tersebut lalu dibukukan menjadi sebuah novel dengan judul yang sama.

Novel tersebut lalu populer dan diangkat hingga ke layar lebar serta sinetron. Seperti diketahui, Lupus diceritakan sebagai pelajar dan wartawan muda di majalah. Dia tinggal bersama Mami dan adiknya yang bernama Lulu.

Masih dalam seri Lupus, Hilman juga merilis buku Lupus Kecil dan Lupus ABG sebagai wujud Lupus di masa SD dan SMP, yang ditulis bersama Boim LeBon.

Seri tersebut telah menghasilkan lima film layar lebar dan sinetron yang diangkat dari 52 buku yang ada. Berbagai aktor yang sempat memerankan karakter Lupus yakni Ryan Hidayat, Oka Sugawa, Rico Karindra, Irgy Ahmad Fahrezy dan Attar Syah.

Selain Lupus, karakter fiksi lain yang ditulis oleh Hilman Hariwijaya semasa hidup yakni Olga, Lulu, Vanya, dan Vladd yang ditulis bersama rekan-rekannya pada era ‘90-an dan 2000-an. Kemudian juga ada kisah fiksi Keluarga Hantu dan beberapa buku lainnya seperti Cerita Cinta, Simfoni Biru, Mambo, dan lainnya.

Tak hanya penulis buku, Hilman Hariwijaya juga tercatat sebagai penulis skenario untuk beberapa film dan puluhan judul sinetron Tanah Air. Sejumlah yang populer yakni film Dealova, film Anak Ajaib, dan sinetron Cinta Suci.

(aln)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini