Share

Gaga Muhammad Divonis 4,5 Tahun Penjara, Hakim: Terdakwa Mencari Unsur Kelalaian Laura Anna

Ravie Wardani, Jurnalis · Rabu 19 Januari 2022 11:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 19 33 2534407 gaga-muhammad-divonis-4-5-tahun-penjara-hakim-terdakwa-mencari-unsur-kelalaian-laura-anna-xBtq1cTBmb.jpg Laura Anna (Foto: Instagram)

JAKARTA - Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur, Lingga Setiawan, membeberkan hal yang memberatkan vonis Gaung Sabda Alam Muhammad alias Gaga Muhammad disidang putusan kecelakaan lalu lintas, Rabu 19 Januari 2022.

"Yang memberatkan terdakwa di persidangan menyampaikan penyesalannya dan rasa bersalahnya namun majelis hakim tidak melihat konsistensi atas pernyataan tersebut," ujar majelis hakim di ruang sidang, Rabu (19/1/2022).

Selama menjalani persidangan majelis hakim menilai Gaga tak merasa bersalah atas kecelakaan tersebut.

Bahkan, Gaga terkesan memutar balikan fakta dengan menyalahkan Laura selaku korban lantaran tidak menggunakan sabuk pengaman sebelum melakukan perjalanan.

"Di persidangan terdakwa tidak menunjukan rasa bersalahnya terdakwa malah berusaha mencari unsur kealpaan dan kelalaian serta akibat luka berat yang dialami korban adalah bagian dari kesalahan korban sendiri yaitu tentang korban tidak menggunakan sabuk pengaman," katanya lagi.

Lebih lanjut, majelis hakim juga mengatakan, Gaga pun tidak memberikan bantuan materil atau itikad baik guna membantu pihak korban.

Hakim meyakini, hal tersebut menjadi alasan utama keluarga mendiang Laura Anna menuntut biaya ganti rugi mencapai Rp12,6 miliar terhadap Gaga.

"Terdakwa tidak memberikan bantuan materi apapun atau itikad baik membantu korban keluarganya menghadapi kelumpuhan yang dialami korban, sehingga keluarga korban menuntut kompensasi kerugian sebesar Rp12,6 miliar," kata majelis hakim PN Jaktim.

Sementara itu, majelis hakim juga memaparkan terkait hal yang meringankan terdakwa dari vonisnya. Hakim menyebut Gaga diringankan lantaran usianya masih terbilang muda.

"Keadaan yang meringankan, terdakwa masih muda usia dan masih dapat mengubah perilakukanya menjadi lebih baik," ujar hakim.

"Mengingat terdakwa sudah menjalani masa tahanan, maka masa tahanan tersebut dikurangi dengan masa penahanan yang sudah dijalankan," sambungnya.

Seperti diketahui, Gaung Sabda Alam Muhammad divonis 4,5 tahun penjara. Gaga juga diwajibkan membayar denda sebesar Rp10 juta. Putusan hakim ketua, juga sesuai dengan tuntutan JPU (Jaksa Penuntut Umum) pada sidang sebelumnya.

"Menjatuhkan pidana Gaung Sabda Alam Muhammad penjara selama 4 tahun dan 6 bulan, dengan denda sebesar 10 juta, kalau tidak dibayar diganti selama 2 bulan penjara," tutup majelis hakim.

(kem)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini