Pindahkan Makam Vanessa Angel Hukumnya Haram, Doddy Sudrajat: Itu Fix

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Selasa 07 Desember 2021 10:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 07 33 2513109 doddy-sudrajat-nekat-pindahkan-makam-vanessa-angel-ustadz-ini-bicara-hukum-memindahkan-kuburan-ott9vAbswC.jpg Ayah Vanessa Angel ziarah ke makam putrinya. (Foto: Intens Investigasi)

DODDY Sudrajat nampak nekat ingin memindahkan makam Vanessa Angel dari Taman Makam Islam Malaka ke TPU Karet Bivak. Seorang ulama pun bicara soal hukum memindahkan kuburan.

Ya, rencananya, Vanessa Angel akan dimakamkan satu liang lahat dengan mendiang ibundanya, Lucy Maywati. Doddy menyebut bahwa rencana tersebut telah diketahui oleh keluarga besar dari Almarhumah Vanessa Angel dan sudah setuju dengan rencana perpindahan makam tersebut.

"Oh tetap, itu fix keluarga besar sudah (setuju)," tutur Doddy beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Doddy Sudrajat Ngotot Pindahkan Makam Vanessa Angel, Ini Momen Haru Fuji dan Fadly Jaga Rumah Terakhir Kakaknya

Terkait rencana pemindahan makam Vanessa Angel, para ulama mengatakan jika hal tersebut boleh dilakukan apabila memiliki manfaat. Namun jika tidak, hal itu tentu tak boleh dilakukan.

"Seorang muslim itu memiliki kehormatan, baik saat hidup maupun sudah meninggal. Kalau ada maslahatnya boleh kuburan itu dibongkar dan dipindahkan, tapi kalau tidak ada kepentingan, sebaiknya tidak dilakukan," ungkap Ustadz Zulham Effendi, M.Pd.I dalam akun Salam Televisi.

Sebagaimana diketahui, rencana memindahkan makam dilakukan oleh Doddy lantaran mengaku didatangi oleh Vanessa di dalam mimpi. Ia juga menyebut bahwa putrinya sempat memiliki keinginan untuk memiliki makam keluarga, yang mana dirinya dan keluarga bisa kembali berkumpul bersama-sama.

"Masalah makam ya, semasa dulu masih ada Vanessa, kita pernah ziarah bareng ke almarhum mamanya. Vanessa bilang ke saya waktu di Karet Bivak, 'Dad bisa nggak ya kita punya makam keluarga kita sama-sama. Ntar kalau aku nggak ada umur, Daddy nggak ada umur, kita nggak ada umur, kita bisa sama-sama satu dengan Mama. Kalau di kampung-kampung ada makam keluarga.' Saya bilang sama Vanessa, 'Nes di sini nggak ada lagi tanah yang luang, udah nggak bisa lagi. Kalaupun mau itu makam orang kita bisa beli'," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini