Didakwa 2 Tahun Penjara, Jung Ilhoon Menangis di Sidang Banding

Ajeng Putri Yuwono, Jurnalis · Minggu 21 November 2021 07:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 21 33 2505004 didakwa-2-tahun-penjara-jung-ilhoon-menangis-di-sidang-banding-gMC587pGN3.JPG Jung Ilhoon menangis di sidang banding. (Foto: CUBE)

SEOUL - Jung Ilhoon, mantan member BTOB menjalani sidang kedua kasus penyalahgunaan narkotika di Pengadilan Tinggi Seoul, pada 18 November silam. Dia diseret ke pengadilan atas pembelian dan penggunaan 826 gram marijuana. 

Jaksa menyebut, dia dan tujuh terdakwa lainnya memakai marijuana senilai KRW130 juta atau setara dengan Rp1,55 miliar sepanjang 5 Juli 2016 hingga 9 Januari 2019. Pada sidang perdana, dia terbukti melanggar Undang-Undang Pengendalian Narkotika. 

Jung Ilhoon. (Foto: CUBE)

Atas kasus tersebut, Soompi melaporkan, hakim menjatuhkan vonis 2 tahun penjara dan denda sebesar KRW133 juta (Rp1,59 miliar) kepada Jung Ilhoon. Namun, baik sang idol maupun jaksa sama-sama mengajukan banding. 

Pada sidang yang digelar pada 18 November 2021, jaksa mendakwa sang idol dengan hukuman 2 tahun penjara dan denda KRW126,6 juta atau setara Rp1,5 miliar. Sementara Ilhoon mengungkapkan penyesalannya di depan sidang. 

“Aku ingin menggunakan kesempatan ini dengan mengatakan bahwa aku sungguh merenungkan kesalahanku. Aku benar-benar menyesali tindakan bodohku dan merasa malu akannya,” ujar sang idol sambil menangis.

Baca juga: Jung Ilhoon Jalani Banding Kasus Marijuana Bulan Depan 

Jung Ilhoon mengungkapkan, penjara mengubah hidupnya, apalagi di tengah pandemi COVID-19. Dia menjadi sering berkirim surat dengan keluarganya dan bisa merasakan cinta keluarga yang tanpa batas.

Dia juga mengaku, merindukan kehidupan normalnya di luar penjara dan menyadari bahwa narkoba sangat menghancurkan hidupnya. Dia kemudian mengucapkan janji yang diharapkannya dapat mengurangi masa hukumannya. 

“Mulai hari ini, aku berjanji tidak akan pernah lagi mengkhianati keluarga dan orang-orang yang kucintai. Aku akan menjalankan hidup dengan baik dan jujur. Aku salah dan aku meminta maaf,” ujarnya. 

Kuasa hukum Jung Ilhoon juga menyatakan bahwa kliennya cukup merenungkan kesalahannya selama 5 bulan di dalam penjara. Dia menilai, sang idol berhak untuk bebas dan mengejar kembali mimpinya. 

Sejak kasusnya bergulir di persidangan, Jung Ilhoon dikabarkan sudah memasukkan 87 pernyataan yang menunjukkan penyesalannya. Dia diketahui menjalani wajib militer sejak Mei 2020 dan keluar dari BTOB pada Desember 2020.*

Baca juga: Malam Pertama, Cupi Cupita: Lemas, Enggak Bisa Ngapa-ngapain

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini