Pengacara Duga Ada Potensi Kelalaian Bank dalam Kasus Nirina Zubir

Ravie Wardani, Jurnalis · Jum'at 19 November 2021 20:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 19 33 2504599 pengacara-duga-ada-potensi-kelalaian-bank-dalam-kasus-nirina-zubir-got9CZ4b4H.jpg Kuasa hukum menduga ada kelalaian bank di balik kasus mafia tanah Nirina Zubir. (Foto: Instagram/@nirinazubir_)

JAKARTA - Kasus mafia tanah yang menimpa keluarga Nirina Zubir berkembang kian pelik. Setelah Riri Khasmita dan suaminya dinyatakan sebagai tersangka, kini kasus itu diduga melibatkan bank swasta. 

Pasalnya, kedua tersangka mengagunkan empat aset berupa tanah dan bangunan milik ibu kandung Nirina Zubir ke beberapa bank swasta. Melihat perkembangan kasus tersebut, kuasa hukum sang aktris optimistis aset itu bisa kembali. 

“Kalau misalnya, sampai tidak kembali ya kami akan melakukan upaya hukum terhadap bank tersebut dan lapor OJK juga,” tutur kuasa hukum Nirina Zubir, Ruben Jeffry Siregar kepada MNC Portal Indonesia, Jumat (19/11/2021). 

Ruben menambahkan, pihaknya tak akan sungkan menggugat pihak bank melakukan kelalaian dalam memberi kredit kepada tersangka. “Kami akan melihat proses administrasi pemberian kredit agunan di bank tersebut. Saya akan segera koordinasikan dengan pihak bank,” tuturnya. 

Tak hanya dengan pihak perbankan, kuasa hukum Nirina Zubir juga akan berkoordinasi dengan pihak Badan Pertanahan Nasional (BPN) terkait regulasi pemberlakuan sistem Komputerisasi Kegiatan Pertanahan (KKP) yang mengakomodir validasi terhadap NIK. 

Baca juga: Kuasa Hukum Berharap 6 Aset Orangtua Nirina Zubir Kembali: Kami Urus Semuanya

Ruben mengatakan, “Sedangkan di perkara Nirina, NIK yang tertera di dalam Akta Jual Beli (AJB) tidak terdaftar di dukcapil. Kalau sudah begini, seharusnya BPN tidak dapat memproses peralihan hak SHM milik Nirina dong.”

Nirina Zubir. (Foto: Instagram/@nirinazubir_)

Namun faktanya, Riri Khasmita dan suaminya, Edrianto justru dengan mudah mengalihkan semua kepemilikan aset ibu Nirina Zubir. “Sekarang, SHM aset keluarga kliennya saya sudah berpindah tangan.”* 

Baca juga: Anya Geraldine Operasi Radang Usus, Sosok sang Pacar Curi Perhatian

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini