Demi Kehormatan Islam, Mahershala Ali Tolak Beradegan Seks dalam Film

Dewi Aspara, Jurnalis · Rabu 17 November 2021 14:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 17 206 2503184 demi-kehormatan-islam-mahershala-ali-tolak-beradegan-seks-dalam-film-jPC0LDqJQh.jpg Mahershala Ali menolak beradegan seks dalam sebuah film.

LOS ANGELES - Aktor Mahershala Ali punya satu syarat saja untuk menerima sebuah tawaran akting. Syaratnya, dia tidak akan pernah melakoni adegan mesra dalam film-filmnya. 

Alasan inilah yang diakuinya sempat membuat dia nyaris menolak tawaran membintangi film The Curious Case of Benjamin Button karya sutradara David Fincher. Hal itu diungkapkan sang aktor dalam podcast Mind Power Mixtape, pada November 2020. 

Mahershala Ali. (Foto: Instagram/@mahershalaali)

“Suatu hari, agensiku bilang ada tawaran film. Tapi, mereka mewanti-wanti akan ada adegan ciuman dalam film itu. Aku bilang, ‘Hei, ciuman termasuk adegan seks bagiku. Aku tak bisa melakukannya’,” ujar sang aktor seperti dikutip dari Celebrity Insider, pada Rabu (17/11/2021). 

Mendengar keberatan dari agensi Ali, Fincher akhirnya bersedia untuk ‘bernegosiasi’. Untuk tetap mendapatkan ‘adegan sesuai skenario’, dia menempatkan Mahershala Ali dan aktris Taraji P. Henson seolah-olah berciuman dan kamera perlahan menjauh. 

Sang aktor mengungkapkan, syarat untuk tidak beradegan ranjang dalam film diberlakukannya untuk menghormati Islam, agama yang dianutnya. Dia memutuskan menjadi mualaf pada 1999, saat menempuh gelar master di Universitas New York. 

Baca juga: Mahershala Ali Menangkan Golden Globes untuk Best Supporting Actor

Meski David Fincher menghormati syarat yang diajukan Ali, namun sang aktor tak menutupi fakta bahwa banyak filmmaker menolak kondisi itu. Dia bahkan terpaksa menolak tawaran membintangi serial HBO, The Duece karena karakter yang diperankannya harus melakukan adegan ranjang. 

“Aku tanya kepada mereka, apakah adegan seks itu memang sangat diperlukan. Dan mereka jawab, harus. Jadi ya, seperti yang bisa kau tebak aku menolak tawaran itu,” tuturnya kepada Esquire.

Mahershala Ali. (Foto: Instagram/@mahershalaali)

Namun ketaatan Mahershala Ali pada ajaran Islam membuahkan hasil manis. Pada 2016, dia mengukir sejarah sebagai aktor muslim pertama yang memenangkan Oscar untuk perannya sebagai bandar narkoba dalam film Moonlight. 

Ali kembali meraih Oscar keduanya sekitar 3 tahun kemudian ketika dia berperan sebagai Don Shirley dalam film kontroversial, Green Book. Film itu juga keluar sebagai Film Terbaik Academy Awards pada 2019.*

Baca juga: Marvel Garap Black Panther 2 Tanpa Karakter T'Challa

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini