Share

Hari Pahlawan, 7 Artis Cantik Ini Punya Darah Pejuang, Ada Dian Sastro hingga Celine Evangelista

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 10 November 2021 10:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 10 33 2499480 hari-pahlawan-7-artis-cantik-ini-punya-darah-pejuang-ada-dian-sastro-hingga-celine-evangelista-wf9kzkGfmJ.jpg Dian Sastro. (Foto: Instagram)

HARI Pahlawan diperingati setiap 10 November. Dari kalangan artis Indonesia, ternyata ada sebagian yang punya darah pejuang.

Sebut saja Dian Sastrowardoyo yang merupakan cucu keponakan Sunario Sastrowardoyo. Kemudian kakek buyut Celine Evangelista adalah H. Fadeli Luran.

Lebih lanjut, berikut ini 7 artis cantik yang punya darah pejuang yang akan diulas selengkapnya, ditulis Rabu (10/11/2021).

Baca Juga: Fakta-fakta Bintang Bagus Calon Suami Cupi Cupita, Duda Tajir, Juragan Sawah dan Peternakan

1. Dian Sastrowardoyo

Dian Sastrowardoyo menjadi salah satu artis yang memiliki darah pejuang atau pahlawan. Ia merupakan cucu keponakan Sunario Sastrowardoyo, tokoh yang dikenal berperan aktif dalam tonggak sejarah nasional. Ia berperan langsung dalam Manifesto dan Kongres Pemuda II. Sunario juga sempat menjabat sebagai pengurus dalam Perhimpunan Indonesia di Belanda. “Beliau adalah kakak dari eyang kakung saya, dr. Soemarsono Sastrowardoyo,” tulis Dian di Instagram, bertepatan dengan peringatan Sumpah Pemuda tahun 2016.

 

2. Karina Salim

Aktris sekaligus balerina Kalina Salim merupakan cucu dari pahlawan nasional H. Agus Salim. Ia dikenal sebagai pejuang kemerdekaan yang pernah menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Indonesia di era Soekarno.

3. Asri Welas

Asri Welas ternyata memiliki darah pejuang yang mengalir dalam dirinya. Ia merupakan keturunan ke-7 dari Pangeran Diponegoro yang merupakan pahlawan nasional RI. Ia memimpin Perang Diponegoro atau Perang Jawa selama periode tahun 1925 hingga 1930 melawan Pemerintah Hindia Belanda.

4. Maia Estianty

Musisi Maia Estianty juga merupakan keturunan pahlawan. Ibu tiga anak tersebut adalah salah satu cicit dari pahlawan nasional, HOS Tjokroaminoto, pemimpin Sarekat Islam (SI). Di bawah didikannya, terlahir para tokoh besar seperti antara lain Soekarno, Semaun, Musso, hingga Maridjan Kartosoewirjo.

5. Celine Evangelista

Kakek buyut Celine Evangelista adalah H. Fadeli Luran. Nama pahlawan nasional pendiri organisasi penampung aspirasi kelompok-kelompok Islam ini diabadikan menjadi nama jalan di Minasatene, Pangkajene, Biraeng, Sulawesi.

H. Fadeli Luran dianggap sebagai pemersatu umat Islam di Indonesia dan penyebar Agama Islam di Makassar. Dia juga ikut membangun sejumlah rumah sakit dan sekolahan.

6. Dewi Yull

Dewi Yull merupakan cucu dari RM Tirto Adhi Soerjo, tokoh pers dan kebangkitan nasional yang mendirikan surat kabar Medan Prijaji pada 1907. Sementara ayah Dewi Yull, HRP Soendaryo, keturunan bangsawan dari Kesultanan Cirebon. Sedangkan ibundanya, Masayu Devi Hetimawati keturunan bangsawan Melayu-Palembang.

7. Aleta Molly

Aleta Molly merupakan keturunan Cut Nyak Meutia. Penyanyi ini menjadi keturunan kelima dari pahlawan asal Aceh tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini