Kabur saat Karantina, Rachel Vennya Terancam 1 Tahun Penjara

Dewi Aspara, Jurnalis · Kamis 14 Oktober 2021 04:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 14 33 2485955 kabur-saat-karantina-rachel-vennya-terancam-1-tahun-penjara-N1yv7MFgBW.jpg Ancaman hukuman yang akan diterima Rachel Vennya jika terbukti melanggar aturan karantina COVID-19. (Foto: Instagram/@rachelvennya)

JAKARTA - Kabar kaburnya Rachel Vennya dari RSDC Pademangan akhirnya dikonfirmasi Kodam Jaya. Pada 13 Oktober 2021, Kapendam Jaya Kolonel Herwin BS mengatakan, aksi itu dilakukan sang selebgram atas bantuan oknum TNI berinisial FS. 

"Dari hasil penyelidikan sementara, ditemukan bahwa FS, oknum anggota TNI bagian Pengamanan Satgas di Bandara melakukan tindakan nonprosedural di lapangan,” ungkap Herwin dalam keterangan tertulisnya. 

Jika terbukti bersalah, Rachel Vennya terancam pidana penjara selama 1 tahun dan denda Rp100 juta. (Foto: Instagram/@rachelvennya)

Baca juga: Rachel Vennya Kabur dari Wisma Atlet atas Bantuan Oknum TNI

FS, menurut Herwin, adalah pihak yang mengatur agar Rachel Vennya dapat menghindari prosedur pelaksanaan karantina. Sesuai Surat Edaran Satgas COVID-19 Nomor 18 Tahun 2021 diatur bahwa seluruh pelaku perjalanan internasional wajib menjalankan karantina selama 8x24 jam. 

Karena itu, Herwin menegaskan, pihaknya akan melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait kasus kaburnya Rachel Vennya dari Wisma Atlet. “Pemeriksaan akan kami lakukan dari hulu ke hilir,” ujarnya menambahkan. 

Lalu hukuman apa yang akan diterima Rachel Vennya jika terbukti bersalah melanggar aturan karantina COVID-19? Berdasarkan Pasal 93 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan, ibu dua anak itu terancam pidana penjara maksimal 1 tahun dan atau denda paling banyak Rp100 juta.*

Baca juga: Promosi Drama Jirisan, Perut Berotot Jun Ji Hyun Curi Perhatian

(SIS)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini