Menikah dengan Orang Biasa, Putri Mako Akishino Terancam Kehilangan Gelar Kerajaan

Dewi Aspara, Jurnalis · Senin 11 Oktober 2021 07:53 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 11 33 2484275 menikah-dengan-orang-biasa-putri-mako-akishino-terancam-kehilangan-gelar-kerajaan-otowQRpfrg.jpg Putri Mako Akishino terancam kehilangan gelar kerajaannya jika menikahi Kei Komuro yang orang biasa. (Foto: Reuters)

TOKYO - Putri kerajaan Jepang, Mako Akishino menjadi sorotan publik lantaran keputusannya menikahi pria non-bangsawan, Kei Komuro. Keputusan yang membuat dia terancam kehilangan statusnya sebagai putri Kekaisaran Jepang. 

Menurut NBC News, putri 29 tahun itu menolak hadiah sebesar JPY150 juta atau setara Rp19 miliar yang akan diberikan pihak kerajaan untuknya. Dana itu kabarnya diberikan untuk membantu sang putri menyesuaikan diri dengan kehidupan di luar kerajaan. 

Putri Mako Akishino terancam kehilangan gelarnya jika menikahi Kei Komuro. (Foto: Reuters)

Isao Tokoro, ahli keluarga kekaisaran yang mengajar di Kyoto Sangyo University menyebutkan, pernikahan antara pihak kerajaan dengan rakyat biasa menjadi 'deklarasi' pemutusan hubungan. Alasan inilah yang membuat publik mengkritik Putri Mako. 

Kabarnya, akibat kritik tersebut, sang putri didiagnosa mengidap gangguan gangguan stres pascatrauma alias PTSD. Belum lagi Mako harus mendapatkan penjagaan ketat menjelang pernikahannya dengan Kei Komuro. 

Badan Rumah Tangga Kekaisaran, menurut PEOPLE, Putri Mako dan Kei akan menggelar pernikahan mereka pada 26 Oktober mendatang. Tidak ada pesta yang akan digelar pada hari itu karena pernikahan mereka tidak akan dirayakan secara terbuka.

Baca juga: Gelar Resepsi Tahun Baru, Keluarga Kerajaan Jepang Pakai Masker Tanpa Tiara 

The Wall Street Journal melaporkan, mantan teman sekelas Putri Mako di Universitas Kristen Internasional Tokyo mengungkapkan, sang putri dan kekasihnya sudah berencana untuk menikah sejak September 2017. Namun kala itu, terjadi perdebatan soal masalah keuangan di antara keduanya. 

Perdebatan itu berpusat pada apakah uang yang diberikan kepada keluarga Kei Komuro merupakan pinjaman atau hanya hadiah. Diduga dana tersebut telah dihabiskan untuk biaya pendidikan Komuro. 

Kei Komuro merupakan lulusan Fordham Law, New York dan bekerja untuk firma hukum Lowenstein Sandler LLP. Dia baru saja telah menyelesaikan ujian pengacara di New York dan sedang menunggu hasilnya. 

Setelah menikah, Putri Mako dikabarkan akan pindah ke New York mengikuti suaminya. "Dia memilih jalan berduri yang penuh tantangan dalam hidupnya," ujar Isao Tokoro.*

Baca juga: Jelang Cerai, Dhena Devanka Pamer Body Goals dalam Balutan Sport Bra Hitam

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini