Lesti Kejora dan Rizky Billar Nikah Siri, Kepala KUA: Saat Daftar Statusnya Belum Kawin

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Kamis 30 September 2021 11:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 30 33 2479186 lesti-kejora-dan-rizky-billar-nikah-sirih-kepala-kua-saat-daftar-statusnya-belum-kawin-7WidZlGDB1.jpg Lesti Kejora dan Rizky Billar. (Foto: Instagram)

KEPALA Kantor Urusan Agama (KUA) Kebayoran Lama, Madari, buka suara terkait pendaftaran pernikahan Rizky Billar dan Lesti Kejora. Saat mereka daftar nikah di KUA, tak menyebut jika telah ,elangsungkan pernikahan siri. 

Berdasarkan berkas di KUA, pasangan yang telah melangsungkan akad nikah pada 19 Agustus 2021 ini tidak memberikan berkas terkait pernikahan siri yang telah mereka lakukan di awal tahun.

"Berdasarkan berkas yang sudah diajukan ke kami dan ini sudah dilakukan pernikahannya, saya lihat sih nggak ada masalah. Artinya nggak ada di sini keterangan bahwa sudah nikah siri, itu nggak ada," ujar Madari dikutip dari salah satu tayangan di Youtube.

Baca Juga: Temani Lesti Kejora USG, Rizky Billar: Ayolah Nak, Tunjukkin Mukanya

Madari juga menyebut bahwa status pernikahan Billar dan Lesti dalam berkas pendaftaran nikah masih berstatus belum menikah. Termasuk pula dalam status di KTP keduanya, yang kala itu masih berstatus belum menikah.

"Pertama pengantar kelurahan atas nama Muhammad Rizky, di situ statusnya jejaka, kemudian Lestiani statusnya perawan di pengantar kelurahannya. KTP nya juga belum kawin," jelasnya.

Ia menyebut bahwa sebenarnya tak ada masalah terkait hal tersebut. Sebab, baik Lesti maupun Billar telah mengajukan berkas nikah ke KUA sesuai dengan aturan yang berlaku.

Akan tetapi, jika keduanya sudah diketahui pernah menikah siri, seharusnya mereka tak lagi perlu mendatangi KUA dan melakukan akad nikah ulang. Keduanya hanya perlu datang ke Pengadilan Agama agar pernikahannya bisa disahkan secara negara.

"Jika ada pernikahan yang tidak bisa dibuktikan dengan akta nikah, artinya pernikahan itu tidak tercatat di KUA. Maka itu bisa dilakukan isbat nikah. Yang bersangkutan melaporkan pernikahannya di Pengadilan Agama, bahwa dia pernah menikah tapi tidak memiliki buku nikah. Nanti pengadilan agama itu memproses sampai menerbitkan putusan," jelasnya.

"Mengisbatkan itu mengesahkan pernikahan siri atau pernikahan yang tidak tercatat ditetapkan pengadilan. Jadi dia nggak perlu ijab ulang, nggak perlu akad nikah lagi," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini