Pernah Masuk 100 Perempuan Berpengaruh, Komika Sakdiyah Berbagi Pengalaman Jadi Komedian

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 27 September 2021 22:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 27 33 2477565 pernah-masuk-100-perempuan-berpengaruh-komika-sakdiyah-berbagi-pengalaman-jadi-komedian-mtYsUoUGR8.jpg Sakdiyah Ma'ruf. (Foto: YouTube)

SAKDIYAH Ma'ruf, sang komika yang masuk ke dalam daftar BBC 100 Women pada 2018 yang dianggap menginspirasi, kembali berkarya di masa pandemi. Sang komika asal Pekalongan ini menghibur masyarakat sambil belajar tentang budaya dan sastra Arab.

Sakdiyah mengisi pembukaan festival yang bertajuk Bintang-Bintang di Langit Jakarta oleh Komunitas Salihara. Karya yang ditampilkannya berjudul 'Lahir Perempuan dan Lain-lain'.

Sakdiyah mengungkap banyak hal tentang kehidupan pribadinya. Kemudian bagaimana dirinya memulai untuk menginspirasi banyak orang di jalur komedi.

Baca Juga: Aura Kasih Minum Es Buah Pakai Rok Pendek Sepaha, Netizen: Miss Mahmud Gemas 2021

"Pengalaman saya lahir di Arab Hadrami di Pekalongan. Apa yang saya rasakan dan dialogkan ketika keluar dari komunitas tersebut lalu berjarak secara geografis dengan komunitas tersebut," tutur Sakdiyah Ma'aruf di sela acara LIFEs Literature and Ideas Festival (Festival Sastra dan Gagasan) 2021.

"Identitas beragam yang disematkan pada diri kita mengandung banyak hal. Ini adalah bagian dari suara dan aspirasi saya, medium dialog yang saya pilih adalah komedi," lanjutnya.

Sementara itu, Sakdiyah juga mengungkap kecintaannya terhadap dunia sastra, salah satunya yakni sastra Arab. Menurutnya, begitu banyak aspek dan elemen menarik dari kebudayaan Arab, termasuk yang tumbuh dan berkembang di Indonesia.

"Budaya dan sastra Arab yang masuk ke Indonesia adalah kebudayaan yang beradaptasi, dimaknai ulang, mengalami kontekstualisasi, bahkan berkembang seiring laju perkembangan sejarah dan budaya di Indonesia,” ungkapnya.

Sebagai informasi, rangkaian acara yang juga akan dihibur pentas musik ini berlangsung pada 25 September-02 Oktober 2021. Selain Sakdiyah Ma'ruf, ada pula pertunjukan musik oleh METAdomus Group dengan arahan komposer Syahrial Tando dan penampil lainnya,

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini