Bantah Gelapkan Uang Jamaah, Taqy Malik Refund Dana Umrah Pakai Duit Pribadi

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Jum'at 17 September 2021 09:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 17 33 2472734 bantah-gelapkan-uang-jamaah-taqy-malik-refund-dana-umrah-pakai-duit-pribadi-a42GdL9Cjm.jpg Taqy Malik. (Foto: Instagram)

TAQY Malik lewat Taqychan Travel mengatakan bahwa sebagian dana umrah telah di-refund sejak Februari 2021. Pihak travel Taqy Malik mengaku telah mengembalikan uang jamaah pakai duit pribadi Taqy Malik. 

Melalui keterangan yang disampaikan oleh Wisnu Wibowo selaku Direktur Operasional Taqychan Travel di Instagram, mereka menyebut bahwa Taqy sama sekali tidak terlibat langsung dengan operasional travel. Kendati demikian, sebagai komisaris, mantan suami Salmafina Sunan ini merasa bertanggung jawab dan akhirnya membantu proses pengembalian dana atau refund uang para jamaah dengan uang pribadinya.

Baca Juga:


Taqy Malik: Dana Umrah Sudah Di-Refund 100 Persen

 Taqy Malik Sebut Sebagai Seorang Laki-Laki Sang Ayah 100% Bisa Selesaikan Masalah

"Kondisi ini, kami sebagai Direksi segera dilaporkan kepada Mas Taqy Malik sebagai Komisaris, jadi beliau sebagai komisaris tidak terlibat secara langsung di operasional travel," ungkap Wisnu.

"Namun karena beliau merasa bertanggung jawab maka pengembalian sebagian dana jamaah menggunakan dana dari kantong pribadi beliau," jelasnya.

Lewat unggahan tersebut, Wisnu mengungkapkan alasan mengapa Taqy terpaksa turun tangan dan menggunakan uang pribadinya untuk melakukan refund dana jamaah. Hal tersebut terjadi lantaran sebagian uang jamaah sudah digunakan untuk melakukan DP terkait kebutuhan perjalanan Umrah yang hingga kini masih belum bisa dilaksanakan.

"Yang terakhir dengan keterbatasan dana perusahaan, karena sebagian sudah dibayarkan untuk biaya-biaya hotel dan akomodasi, tiket dan LA di Saudi termasuk persiapan di Jakarta membuat tersendat," tegasnya.

Melihat penjelasan pihak travel, netizen sontak ramai membanjiri kolom komentar Taqychan Travel. Mereka bahkan turut berkomentar saat mengetahui bahwa perusahaan travel milik Taqy sempat mengalami kendala refund lantaran sebagaian uang telah disetorkan untuk pembiayaan hotel serta akomodasi di Arab Saudi.

"Aku yg pernah di travel,paham sih gimana kalau ada masalah teknis di luar rencana travel..contohnya kayak pandemi gini,sementara tiket dan fasilitas disana sudah masuk DP..tapi jamaah belum bisa berangkat juga dan dan minta refund, sementara perusahaan dananya terbatas.. Alhamdulillah kalau travel ini bisa kelarin refundnya, apalagi dari atasan pake duit pribadi luar biasa banget..semoga pandemi cepat teratasi,travel-travel bisa jalan lagi..apalagi umrah," tulis alin.meriana.

"Gua aja refund tiket kereta api 62k itu 2 bulan baru cair dan itu pun dipotong, apalagi yang nominalnya lumayan gede dan lumayan berbelit-belit, sabar dulu jangan berprasangka jelek mulu," tulis mysecondaccgurl.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini