Christine Hakim hingga Dian Sastrowardoyo, Ini Deretan Aktris Perankan Pahlawan Nasional

Siska Permata Sari, Jurnalis · Selasa 17 Agustus 2021 14:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 17 206 2456809 christine-hakim-hingga-dian-sastrowardoyo-deretan-aktris-perankan-pahlawan-nasional-BHRw1s7Dda.jpg Dian Sastro (Foto: Ist)

JAKARTA - Kemerdekaan Indonesia yang selalu diperingati tanggal 17 Agustus merupakan hasil perjuangan para pahlawan nasional. Pengorbanan dan perjuangan mereka melawan penjajah saat itu, kini dapat kita saksikan kembali lewat sejumlah film.

Setelah merdeka, sudah banyak film-film Indonesia yang mengangkat tokoh-tokoh pahlawan nasional dan perjuangannya untuk Tanah Air. Termasuk, film-film yang mengangkat pahlawan-pahlawan perempuan.

Beberapa aktris Indonesia pun sempat dipercaya memerankan tokoh pahlawan nasional perempuan. Siapa saja mereka? Berikut informasi selengkapnya seperti dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (17/8/2021).

1. Yenny Rachman

Yenny Rachman 

Di urutan pertama ada Yenny Rachman, aktris era 1970-an yang pernah memerankan sosok RA Kartini dalam film drama perjuangan garapan sutradara Sjumandjaja. Film berjudul RA Kartini dirilis tahun 1982 dengan Yenny Rachman sebagai pemeran utamanya.

Film ini diangkat dari buku Biografi Kartini yang ditulis oleh Sitisoemandari Soeroto dan menceritakan tentang perjuangan Kartini dalam memperjuangkan hak kaum perempuan di Indonesia yang belum disetarakan dengan hak kaum pria. Film RA Kartini berhasil membawa pulang tiga penghargaan di Festival Film Indonesia 1983.

2. Christine Hakim Christine Hakim

Berikutnya ada aktris Christine Hakim yang memerankan pahlawan perempuan, Cut Nyak Dhien dalam film ‘Tjoet Nja' Dhien’. Film garapan Eros Djarot ini tayang tahun 1988 dan berhasil memboyong penghargaan di Festival Film Indonesia 1988. Bahkan, film tersebut sempat diajukan Indonesia kepada Academy Awards ke-62 tahun 1990 untuk penghargaan Film Berbahasa Asing Terbaik.

Film Tjoet Nja' Dhien juga menjadi film Indonesia pertama yang ditayangkan di Festival Film Cannes tahun 1989. Belum lama ini, film Tjoet Nja' Dhien juga direstorasi dan tayang kembali di bioskop Indonesia.

3. Dian Sastrowardoyo

 Dian Sastro

Kemudian juga ada Dian Sastrowardoyo yang memerankan tokoh Kartini dalam film berjudul Kartini yang dirilis pada tahun 2017. Film ini menceritakan kisah Kartini yang tumbuh melihat ibunya menjadi orang terbuang di rumahnya sendiri. Berangkat dari kenyataan itu, Kartini pun berjuang untuk menyetarakan hak bagi kaum perempuan terutama dalam hal pendidikan.

Di film ini, Dian Sastro beradu peran dengan Acha Septriasa dan Ayushita sebagai dua saudarinya yakni Rukmini dan Kardinah. Ketiganya sama-sama berjuang membangun sekolah untuk kaum miskin dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi semua masyarakat Jepara.

4. Rania Putrisari

 Rania Putrisari

Selanjutnya ada Rania Putrisari yang juga memerankan tokoh Kartini dalam film Surat Cinta Untuk Kartini pada 2016. Saat itu, Rania terpilih melalui audisi.

Berbeda dari film Kartini lainnya, film ini mengeksplorasi kisah fiksi antara Sarwadi (Chicco Jerikho), tukang pos yang jatuh cinta dengan sosok Kartini. Bukan hanya paras Kartini, Sarwadi juga terkesima dengan pandangan Kartini.

5. Tika Bravani

 Tika Bravani

Terakhir, ada Tika Bravani yang memerankan tokoh Fatmawati, istri ketiga Soekarno dan sang penjahit bendera merah putih yang berkibar saat ini. Tika berperan sebagai Fatmawati dalam film Soekarno (2013) garapan sutradara Hanung Bramantyo.

Demi memerankan sosok Fatmawati, aktris keturunan Banten dan Minangkabau ini melakukan banyak riset. “Saya belajarnya bagaimana logat ibu Fatma, terus bahasa apa bicaranya. Saya ambil dari buku otobiografinya, dan keluarganya. Kalau untuk fase remaja, saya terjemahkan sendiri dari apa yang pernah saya baca. Saya juga dibantu oleh psikolog,” ujarnya kepada wartawan pada 2013 silam.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini