Dian Sastrowardoyo Tulis Puisi Catatan Agustus, Ungkap Makna Kemerdekaan di Tengah Pandemi

Lintang Tribuana, Jurnalis · Rabu 11 Agustus 2021 15:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 11 33 2454121 dian-sastrowardoyo-tulis-puisi-catatan-agustus-ungkap-makna-kemerdekaan-di-tengah-pandemi-JtBYDmS9Zs.jpeg Dian Sastrowardoyo (Foto: Instagram/Dian Sastrowardoyo)

JAKARTA- Dian Sastrowardoyo mengungkapkan makna kemerdekaan melalui puisinya bertajuk Catatan Agustus. Puisi tersebut diunggah oleh bintang film Ada Apa dengan Cinta? tersebut di Insta Story pribadinya. 

"Setiap Agustus tiba, ada berbagai tanya mengemuka. Sudah merdekakah kita dari kemalasan dan kenyamanan yang menahan kita bertumbuh?" tulis Dian Sastrowardoyo mengawali puisinya, seperti dikutip Rabu (11/8/2021). 

"Sudah merdekakah kita dari doktrin, jargon, dan berita palsu yang sering kita biarkan menguasai pikiran?" sambungnya.

Di bait berikutnya, Dian Sastrowardoyo mengaitkan pembahasan dengan kondisi di Tanah Air saat ini. Ia menambahkan pertanyaan tentang empati masyarakat di tengah pandemi covid-19.

Dian Sastrowardoyo

BACA JUGA:

Celine Evangelista Dirawat, Minta Maaf Tak Hadir di Ulang Tahun Stefan William

Lee Yoo Young Jadi Lawan Main Kang Ha Neul di Drama Insider

"Dan di Agustus ini, saat kita diuji oleh pandemi, pertanyaan pun bertambah satu: berkurang atau bertambahkan empati kita?" kata istri Maulana Indraguna Sutowo ini.

Di akhir puisinya, Dian menyampaikan makna kemerdekaan yang tepat dalam kondisi Indonesia saat ini yakni langkah bersatu untuk mengakhiri pandemi bersama-sama. "Pada akhirnya, merdeka adalah mengedepankan kepentingan yang lebih besar dan menyatukan perbedaan," tulis Dian.

"Bersatu, bahu membahu mengakhiri pandemi adalah juga ikhtiar dan upaya kita memerdekakan diri," pungkasnya. (nit)

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini