Covid-19, Artis Senior Fryda Lucyana Butuh Donor Plasma Konvalesen

Siska Permata Sari, Jurnalis · Kamis 22 Juli 2021 19:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 22 33 2444547 covid-19-artis-senior-fryda-lucyana-butuh-donor-plasma-konvalesen-HOUMeyWCzw.jpg Fryda Lucyana (Foto: IG Fryda Lucyana)

JAKARTA - Kabar kurang menyenangkan datang dari penyanyi era 1990-an, Fryda Lucyana. Pelantun lagu ‘Rindu’ tersebut kini sedang berjuang melawan Covid-19 dan membutuhkan donor plasma konvalesen.

“Dear all. Kali ini saya sendiri (Fryda Lucyana) yg membutuhkan pendonor plasma konvalesen,” kata Fryda dikutip dari pesan yang diterima MNC Portal, Kamis (22/7/2021).

Dia menyebut sejumlah syarat untuk menjadi pendonor plasma konvalesen. Di antaranya penyintas Covid-19, memiliki golongan darah B rhesus positif, berusia 18-60 tahun, dan memiliki berat badan minimal 55 kilogram.

Baca Juga:

Sophia Latjuba Senyum Menggoda Pakai Rok Mini, Netizen: The Real Vampire

Yusuf Mansur Dilarikan ke RS, Wirda Curhat: Semalaman Nemenin, Nyekain, Ngelapin Papa

Fryda Lucyana

Syarat lainnya yakni pendonor harus sudah sembuh dari Covid-19 tanpa melalui proses terapi plasma konvalesen dan hanya karena minum obat saja “Minimal 2 minggu dan maksimal 1 bulan setelah sembuh Covid-19. Sehat sebagai penyintas Covid-19 dan tanpa ada gejala kembali. Menunjukkan hasil PCR swab saat positif dan sudah negatif. Diutamakan laki-laki,” bunyi pesan tersebut.

Dia mengatakan, proses donor tersebut akan dilakukan di PMI DKI Jakarta. “Apabila sudah siap mendonor, mohon hubungi: Mbak June (Blood for Life) di 081770041964. TERIMA KASIH ya,” tulisnya.

Sebelum membutuhkan donor plasma konvalesen, Fryda sempat mengabarkan kondisi dirinya yang drop akibat Covid-19 dan kepergian ayahandanya pada Kamis, 15 Juli 2021. Ayahnya meninggal usai setelah mendapatkan perawatan intensif karena terinfeksi Covid-19.

Mengalami sesak napas dan demam, Fryda lalu dirawat di rumah sakit. Pada tiga hari lalu, penyanyi 49 tahun ini mengalami sesak napas hingga harus dibawa ke rumah sakit yang berbeda.

“Akhirnya tadi malam saya harus pindah RS, merasakan naik ambulance untuk pertama kalinya, karena di RS sebelumnya mulai kekurangan pasokan oksigen. Ada beberapa pasien yang butuh oksigen yg banyak, termasuk saya, dirujuk pindah RS. Bersyukur saya bisa langsung dapat kamar di RS lain, setelah menunggu 5 jam di IGD. Alhamdulillah jam 3 pagi tadi saya bisa masuk kamar rawat inap lagi, tapi di RS yang berbeda...” kata Fryda dikutip dari Instagramnya.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini