Reza Rahadian dan Christine Hakim Pentaskan Taksu Ubud, Happy Salma Produsernya

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 05 Juli 2021 21:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 05 206 2435961 reza-rahadian-dan-christine-hakim-pentaskan-taksu-ubud-happy-salma-produsernya-m8zWRN8sTu.jpg Pementasan Taksu Ubud. (Foto: Instagram)

REZA Rahadian dan Christine Hakim terlibat dalam pementasan seni budaya Taksu Ubud. Pentas seni ini yang diproduseri Happy Salma ini sangat meriah dikemas tarian dan musik

Happy Salma menuturkan, pementasan seni ini menjadi inisiatif bagi pelaku seni Ubud agar hidup kembali. Apalagi masa pandemi ini mereka kesulitan untuk menampilkan karya.

"Ini sebuah inisiatif kecil untuk mengadakan kembali ruang bagi sebagian pelaku seni Ubud yang sarat akan seni dan budaya," kata Happy Salma lewat keterangannya.

taksu

Baca Juga: Jerinx Ngegas Gegara Mau Dipolisikan: MVLVTS Ibu Kota Emang Gitu Semua?

Happy Salma menerangkan, Ubud sejak lama menjadi benteng pertahanan dalam pelaksanaan adat dan tradisi leluhur masyarakat Bali. Hampir seluruh masyarakat Ubud hidup dekat dengan adat dan tradisi.

"Pada siang hari mereka bekerja sebagai petani, pedagang, pengajar dan lain-lain. Malam hari mereka hidup sebagai pelaku kesenian di Ubud," tambahnya.

Singkatnya, Taksu Ubud berkisah tentang Umbara, pemuda Ubud yang sejak kecil tinggal jauh dari Ubud dan ibunya. Tiba saatnya ibunya meminta Umbara untuk pulang ke Ubud.

Umbara dihadapkan dengan dilema. Ia merasa Ubud sudah asing baginya.

Banyak seniman yang terlibat di pementasan ini. Agung Oka Dalem dan Cok Sri (seniman tari), Aryani Williems (aktor senior), Desak Nyoman Suarti (seniman motif tradisi) dan Made Sukadana Gender (seniman dalang). Juga Reza Rahadian dan Christine Hakim.

Tak hanya itu, kelompok penari dan penabuh, seperti Gamelan Yuganada, Yayasan Bumi Bajra Sandhi, Kertha Art Performance, Sanggar Cudamani, Ubud Performing Art, Napak Tuju, Swaradanta dan Yayasan Janahita Mandala Ubud.

"Taksu Ubud tayang perdana di kanal YouTube Budaya Saya Selasa, 6 Juli 2021
Pukul 19.00 WIB hingga tanggal 12 Juli 2021," tulis Happy Salma di laman Instagram.
"Taksu Ubud tayang perdana di kanal YouTube Budaya Saya Selasa, 6 Juli 2021Pukul 19.00 WIB hingga tanggal 12 Juli 2021," tulis Happy Salma di laman Instagram.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini