Perjuangan Indra Utami Pertahankan Musik Keroncong, 15 Tahun Biayai Rekaman Mandiri

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 30 Juni 2021 20:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 30 205 2433455 perjuangan-indra-utami-pertahankan-musik-keroncong-15-tahun-biayai-rekaman-mandiri-UsKAgU0mCA.jpg Indra Utami Tamsir. (Foto: Instagram)

BUKAN rahasia lagi bila musik tradisional Keroncong saat ini semakin tergerus zaman. Karena selera penikmat musik masa kini yang lebih menyukai musik populer.

Hal tersebut juga dirasakan oleh penyanyi keroncong langgan Jawa ternama, Indra Utami Tamsir. Ia bahkan rela membiayai sendiri karyanya secara indie.

Bahkan, penyanyi langgam Jawa yang akrab disapa IUT itupun mengungkapkan dirinya sudah 15 tahun terakhir berdikari dalam melahirkan karya.

“Sejak 15 tahun lalu, saya memasuki industri rekaman keroncong secara indie, yang semuanya saya biaya sendiri!” ucap IUT dalam wawancara IG Live via akun @bensleo52

“Beruntung, saya memiliki beberapa bisnis yang bisa diupayakan untuk menyokong pembiayaan rekaman saya,” kata perempuan ayu yang sudah merilis empat album tersebut.

iut

Baca Juga: Viral Video Ustadz Abdul Somad Naik Moge, Anaknya Heboh Banget

 

Bukan kaleng-kaleng, nama Indra Utami juga pernah menjadi penyanyi kerongcong langgam Jawa sekaligus penerima predikat 'Penyanyi Keroncong Terbaik' AMI Award 2013, lewat album 'Nggayuh Katresnan'.

“Mungkin karena keroncong sudah menjadi bagian dari nafas saya. Maka, tidak ada kata sulit untuk mengerjakannya!," ujarnya.

Menurut IUT, penyanyi keroncong yang mengambil specialisasi langgam Jawa memang terasa lambat berkembang.

“Padahal, saat show ke daerah, saya melihat banyak bibit bagus. Namun mereka tidak punya kesempatan untuk berkembang apalagi sampai merilis album,” ujar IUT.

Kini, sekwinmembiayai produksi album, IUT juga mendirikan Dewanggo Nuswantoro, band pengiring untuk ia bernyanyi.

“Awalnya, saya perlu band untuk pengiring latihan. Belakangan, mereka juga menemani saya show dan tour ke 9 daerah beberapa waktu lalu,” katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini