Ali Kribo Kawinkan Darbuka dengan Rebana Biang Khas Betawi

MNC Media, Jurnalis · Selasa 04 Mei 2021 11:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 04 205 2405265 ali-kribo-kawinkan-darbuka-dengan-rebana-biang-khas-betawi-epSvfjDFxp.jpg Ali Kribo mengawinkan darbuka dengan rebana biang khas Betawi. (Foto: Instagram/@alikribo)

JAKARTA - Apa jadinya ketika darbuka dikawinkan dengan alat musik rebana? Pertanyaan itu dijawab Ali Kribo dengan berkolaborasi bersama Sanggar Pusaka, seniman rebana biang di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan. 

Sekadar informasi, rebana biang merupakan salah satu seni musik tradisional khas Betawi yang menggunakan tiga rebana. Sementara darbuka adalah alat musik perkusi yang terbuat dari tembikar, kayu, dan kulit. 

Ali Kribo kawinkan darbuka dengan rebana. (Foto: YouTube/Ali Kribo)

Di Timur Tengah, darbuka kerap digunakan untuk acara hajatan, marawis, dan salawat. Ali Kribo berkesempatan bertemu dan berbincang dengan Ketua Sanggar Pusaka, Wan Abdurrohman. 

Abdurrohman menjelaskan, ada etika dan adab ketika bermain rebana biang, karena alat musik tersebut merupakan salah satu benda pusaka yang dihargai turun temurun. Sebelum berkolaborasi, Ali pun mendemonstrasikan permainan darbuka kepada Wan Aburrohman.

Pada hari kedua, Ali Kribo pun memperlihatkan kolaborasi ciamiknya bersama para pemain rebana biang. Sebuah kolaborasi yang sungguh menghasilkan musik nan merdu. Kolaborasi Ali Kribo dan Sanggar Pusaka dapat Anda saksikan di channel YouTube Ali Kribo.*

Baca juga:

Ali Kribo Ungkap Pilihan Mika Darbuka Lokal Terbaik

Perjalanan Cinta Bill dan Melinda Gates sebelum Putuskan Bercerai

(SIS)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini