Komponis dan Pianis Trisutji Kamal Meninggal Dunia di Usia 84 Tahun

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Minggu 21 Maret 2021 15:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 21 33 2381519 komponis-dan-pianis-trisutji-kamal-meninggal-dunia-di-usia-84-tahun-Jax6jPmmbu.jpg Trisutji Kamal meninggal dunia di usia 84 tahun. (Foto: encyclopedia.jakarta-tourism.go.id)

JAKARTA - Pianis dan komponis Trisutji Djuliati Kamal mengembuskan napas terakhirnya di usia 84 tahun di kediaman pribadinya di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, pada Minggu (21/3/2021) dini hari. 

KRA. Mahindrani Kooswidyanthi Paramasari selaku putri mendiang mengatakan, ibunya memang telah lama berjuang melawan penyakit diabetes dan darah tinggi yang dideritanya selama bertahun-tahun. Mendiang bahkan sempat mengalami stroke ringan pada 2003. 

Sehari sebelum kepergian sang ibu, Rani mengaku, ibunya masih dalam keadaan sadar. Bahkan, dia sempat diperiksa dokter ahli penyakit dalam yang merawatnya selama hampir 4 dekade pada Sabtu (20/3/2021) pagi. 

“Saat saya pamit untuk pergi ke Bogor pada hari Sabtu, beliau masih menjawab, ‘ya’,” kata Rani dalam keterangannya. 

Meski begitu, Rani tak menampik bahwa kondisi kesehatan ibunya turun drastis selama 2 hari terakhir. Tekanan darahnya turun hingga di bawah 100 dan sangat sulit untuk makan. 

Trisutji Djuliati Kamal meninggalkan tiga anak: Mahindrani, RM. Mahadharma Wijayawardhana Paramaghita, dan KRM. Mahindra Wahyu Paramadiningrat yang juga dikenal sebagai Rob Rama Rambini. 

Rama adalah putra sulung Trisutji yang pada 2010 berlayar mengendarai kapalnya seorang diri selama 10 bulan 27 hari, dari California-Amerika Serikat ke Bali. Jenazah Trisutji akan dimakamkan di TPU Jeruk Purut, Jakarta Selatan, pada siang ini.*

Baca juga:

Kabar Duka, Artis Senior Asmiar Yahya Meninggal Dunia

Misteri Kematian Bae Rona Mulai Terkuak, Rating The Penthouse 2 Semakin Solid 

(SIS)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini