Bocoran Prosesi Siraman Adat Jawa yang Akan Dilalui Aurel Hermansyah

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Jum'at 19 Maret 2021 15:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 19 33 2380670 bocoran-prosesi-siraman-adat-jawa-yang-akan-dilalui-aurel-hermansyah-bhU30B5mKA.jpg Aurel Hermansyah (Foto: Instagram/@aurelie.hermansyah)

JAKARTA - Aurel Hermansyah dibimbing oleh pakar pernikahan adat Jawa, Mamie Hardo untuk menjalani prosesi siraman sore ini. Prosesi siraman Aurel Hermansyah akan dimulai dengan sungkeman.

Dalam kesempatan itu, Aurel akan mengucapkan terima kasih kepada kedua orangtua, meminta izin untuk menikah dengan pria pilihannya, dan memohon doa restu untuk kelancaran seluruh prosesi pernikahannya bersama Atta Halilintar.

Siraman Aurel Hermansyah

"Jadi stepnya adalah siraman, dimulai dengan sungkeman. Intinya dalam sungkeman itu adalah mengucapkan terima kasih, izin untuk menikah dengan pilihannya, dan mohon doa restu," ungkap Mamie Hardo dalam Live Prosesi Siraman Aurel Hermansyah di RCTI, Jumat (19/3/2021).

Baca Juga:

- Ashanty Jawab Sosok yang Dampingi Aurel Hermansyah di Pelaminan

- Prosesi Siraman Aurel Hermansyah Ditayangkan Live, Netizen: Terima Kasih RCTI

Setelah menjalani sungkeman, Anang Hermansyah dan Ashanty akan mencampur tiga bunga yakni melati, mawar, dan kenanga ke dalam sebuah wadah besar. Nantinya, air dari tujuh sumber akan ikut dimasukkan ke dalam wadah, dan siap untuk disiramkan ke tubuh Aurel.

"Sebelum acara dimulai nanti ada acara menyampur bunga mawar, melati, kenanga. Mengapa melati? Karena adalah lambang kesucian, kenanga agar selalu dikenang dan disayang semua orang, dan mawar karena dia harus senantiasa mewangi," jelas Mamie Hardo.

"Setelah nanti dicampurkan, dimasukkan air 7 sumber. Airnya berasal dari rumah kediaman mereka, apartment, beberapa masjid, dan air zam-zam," tambahnya.

Setelah prosesi siraman selesai, Anang akan memotong sedikit rambut Aurel untuk menghilangkan sikerto, yakni sesuatu yang tidak baik dalam diri seseorang. Hal tersebut diharapkan dapat mempermudah serta melancarkan kehidupam Aurel di masa depan.

Aurel Hermansyah

Terakhir, Anang akan menggendong Aurel untuk terkahir kalinya, sebagai bentuk lepasnya tanggungjawabnya sebagai orangtua. Proses tersebut akan diakhiri dengan penjualan dawet.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini