Pesan Ruben Onsu untuk Masyarakat yang Memulai Usaha

Adiyoga Priambodo, Jurnalis · Selasa 02 Maret 2021 03:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 01 33 2370248 pesan-ruben-onsu-untuk-masyarakat-yang-memulai-usaha-3YfInECwDA.jpeg Ruben Onsu (Foto: Instagram Ruben Onsu)

JAKARTA - Selain sebagai seorang selebriti, Ruben Onsu juga dikenal sebagai entrepreneur. Ia bersama adiknya, membuka perusahaan, mulai dari rumah makan, hingga wadah kreator konten.

Menjalani bisnis bagi Ruben Onsu, salah satu hal terpenting adalah mendaftarkan merek dagang. Dengan demikian risiko segala akibat hukum ketika terjadi sengketa bisa diminimalisir.

"Pendaftaran merek adalah menjadi hal paling penting dalam memulai usaha. Ini sebagai legalitas kita. Saat usaha berkembang, maka kita akan merasa aman dengan merek dagang yang sudah kita daftarkan. Saya memetik pelajaran dari apa yang saya alami,” kata Ruben Onsu dalam rilis yang diterima Okezone.

Baca Juga:

Lutfi Agizal Buka Diskusi soal Pacaran Beda Agama, Ruben Onsu: Ganggu Aja Lo

Bikin Cemas, Kaki Betrand Peto Diperban hingga Digendong Ruben Onsu

Ruben Onsu

Senada dengan Ruben, Jordi Onsu juga melihat pengetahuan akan legalisasi hak merek dagang harus bisa dipahami pelaku usaha. Sebab sengketa mereka bisa selalu terjadi dalam bisnis. Hal itu yang dialami oleh Ruben dan Jordi Onsu ketika kehilangan merek dagang geprek bensu.

"Pelaku usaha mesti wajib daftar merek dan ini menjadi dasar suatu usaha. Ini benar-benar penting untuk usaha kita dalam jangka panjang,” sambung Jordi Onsu.

Ruben dan Jordi Onsu mengamini apa yang sampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam diskusi “Pentingnya Mendaftarkan Merek Sebagai Dasar Suatu Usaha”. Dalam diskusi tersebut, sebanyak 8,2 juta pelaku usaha di sektor ekonomi kreatif, namun hanya 11,05 persen yang sudah mendaftarkan merek dagang.

"Kadang-kadang sebagai pengusaha asik bikin produk terus jualannya laku, tapi kita enggak jaga aset kita, "Hati-hati Jordi (Bensu) dan UMKM lainnya. Bagaimana sebagai alat bukti bagi pemilik. Berhak atas merek yang didaftarkan," ujar Menteri Sandiaga Uno.

(aln)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini