Profil Daft Punk, Duo Musik Prancis yang Bubar Setelah 28 Tahun Berkarya

Lintang Tribuana, Jurnalis · Selasa 23 Februari 2021 11:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 23 205 2366769 profil-daft-punk-duo-musik-prancis-yang-bubar-setelah-28-tahun-berkarya-JCgg3JRPrB.jpg Daft Punk (Foto: Danny Moloshok/Reuters)

JAKARTA - Daft Punk, duo musik elektronik asal Prancis, bubar setelah 28 tahun berkarya. Grup yang beranggotakan Guy-Manuel de Homem-Christo dan Thomas Bangalter ini mengumumkannya melalui video berdurasi 8 menit.

Melansir Rolling Stone, Selasa (23/2/2021), kabar tersebut sudah dikonfirmasi Kathryn Frazier, perwakilan Daft Punk. Sayangnya, ia menolak menjabarkan alasan perpecahan duo musik tersebut.

Guy-Manuel de Homem-Christo dan Thomas Bangalter bertemu di sekolah menengah Lycee Carnot di Paris, Prancis pada tahun 1987. Mereka kemudian membentuk band Darlin, bersama Laurent Brancowitz pada 1993.

Baca Juga:

Daft Punk Umumkan Bubar Setelah 28 Tahun Berkarya

Anang Hermansyah Ungkap Kondisi Terbaru Ashanty di Rumah Sakit

Daft Punk (Foto: Danny Moloshok/Reuters)

Band tersebut hanya merilis empat lagu. Karya mereka pun dinilai buruk oleh sebuah majalah musik Inggris, dan menyebutnya 'a daft punky trash'.

Tak lama kemudian, band Darlin bubar. Guy-Manuel de Homem-Christo dan Thomas Bangalter akhirnya membentuk Daft Punk bersama pada tahun 1993.

Setelah sukses menggapai top 10 di tangga lagu Inggris dan Prancis lewat lagu Da Funk pada 1995, Daft Punk merilis album Homework pada tahun 1997. Salah satu single hit, Around The World masuk di dalamnya.

Album debut itu masuk 10 besar di beberapa negara dan dianggap menjadi tonggak penting dalam skena musik dance. Lagu Around The World pun masuk sebagai nominasi Grammy Award.

Pada tahun 2005, Daft Punk mengalami penurunan pertamanya setelah album Human After All rilis. Beberapa kritikus mengkritik dan menilai proyek tersebut direkam tergesa-gesa.

Meski sempat mengalami pasang surut, Daft Punk tetap konsisten berkarya. Dibuktikan dengan comebacknya lewat lagu Get Lucky pada 2013, yang merajai tangga lagu pop Inggris.

Kesuksesan itu terulang kembali pada 2016, saat mereka berkolaborasi dengan musisi asal Kanada, The Weeknd dengan lagu Starboy. Lagu tersebut menjadi hit nomor satu pertama untuk Daft Punk di Amerika Serikat.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini