Abu Janda Klarifikasi Soal Cuitannya di Podcast Deddy Corbuzier, Gus Miftah Beri Saran Ini

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 01 Februari 2021 15:53 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 01 33 2354530 abu-janda-klarifikasi-soal-cuitannya-di-podcast-deddy-corbuzier-gus-miftah-beri-saran-ini-WFMOYRec87.jpg Abu Janda dan gus Miftah (Foto: Youtube)

JAKARTA - Deddy Corbuzier akhirnya mengabulkan permintaan penggemarnya untuk mengundang pegiat media sosial, Permadi Arya alias Abu Janda di channel YouTube miliknya. Seperti diketahui, Abu Janda belakangan ini menjadi sorotan lantaran cuitannya tentang 'Islam Arogan' di Twitter.

Dia bahkan dilaporkan ke Bareskrim Polri atas tudingan ujaran rasialisme dan SARA. Kepada Deddy Corbuzier dan Gus Miftah yang turut hadir, Abu Janda pun menjelaskan cuitan tersebut sejatinya merupakan balasan untuk tweet Ustadz Teuku Zulkarnain yang dinilainya bernada provokatif.

"Aktivitas aku di Twitter memang suka meng-counter tweet yang provokatif. Jadi apa yang terjadi waktu itu bukan tweet mandiri yang aku buat di timeline, tapi itu respon yang aku buat untuk cuitan Teuku Zulkarnain yang dia bilang kalau minoritas di negeri ini arogan ke mayoritas," tutur Abu Janda seperti dikutip dari channel Deddy Corbuzier, Senin (1/1/2021).

Baca Juga: Dikirim Foto Kelamin, Renatta Moeloek: Sebanyak Itu Orang Aneh di Dunia Ini

 

Kemudian Abu Janda membalas cuitan Teuku Zulkarnain tersebut dengan kalimat, "Yang arogan itu Islam sebagai agama pendatang dari Arab kepada budaya asli kearifan lokal. Haram-haramkan ritual sedekah laut sampai kebaya diharamkan karena alasan aurat."

Abu Janda lalu menjelaskan kata-kata arogan tersebut tidak ditujukan kepada agama Islam secara keseluruhan. Namun untuk aliran yang diikuti oleh Teuku Zulkarnain.

"Jadi aku mengomentari cuitan Teuku Zulkarnain dan ada embel-embelnya Islam agama pendatang dari Arab yang aku maksud ini alirannya dari Teuku Zulkarnain. Islam yang dari arab itu yang dianut Teuku Zulkarnain atau Islam transnasional," katanya.

Menanggapi hal tersebut Gus Miftah yang turut menjadi bintang tamu pun ikut mengomentari aksi Abu Janda. Dia menilai tweet yang ditulis olehnya tidak spesifik sehingga menjadi semakin besar. Dia juga mengaku sempat tersinggung dengan cuitannya tersebut yang terkesan menghina Islam.

"Ini enggak akan jadi masalah besar kalau Arya permadi lebih spesifik bukan Islamnya (agamanya) tapi model. Kalau Arya menekankan model islam, mungkin tidak salah persepsi," katanya.

Gus Miftah juga menilai cuitan Abu Janda di Twitter kerap terkesan provokatif lantaran menggunakan kalimat yang tidak sopan. Dia pun meminta pegiat media sosial tersebut lebih hati-hati dalam bertindak dan bertutur kata.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini