Menikah Gunakan Baju Adat Jawa, Adipati Dolken dan Istri Masuk Angin

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Selasa 22 Desember 2020 15:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 22 33 2332177 menikah-gunakan-baju-adat-jawa-adipati-dolken-dan-istri-masuk-angin-S7tMoRBtD8.JPG Pernikahan Adipati Dolken (Foto: Instagram)

JAKARTA - Pasangan suami istri Adipati Dolken dan Canti Tachril diketahui mengenakan riasan adat Jawa Solo dalam acara akad nikah pernikahan mereka.

Pasangan muda ini bahkan tampak cantik dan gagah saat mengenakan dodotan Jawa dalam acara bahagia mereka yang berlangsung di Bangka Belitung, pada 18 Desember 2020 kemarin.

Sebelum menikah, pasangan ini diketahui sempat menjalani beberapa prosesi adat Jawa, diantaranya siraman dan midodareni.

 

Baca Juga: Adipati Dolken Menangis Usai Ucap Ijab Kabul

Uniknya, pasangan ini juga menentukan tanggal pernikahan mereka melalui hitungan Jawa.

"Iya (menikah menghitung tanggal pakai adat Jawa). Pas habis lamaran itu langsung ngitung tanggal buat nikahan. Dan akhrinya keluarnya 18 Desember," ungkap Adipati Dolken dalam konferensi pers virtual, Senin, 21 Desember 2020.

"It's a perfect date," timpal Canti.

Dalam acara akad nikah, usai menjalani ijab kabul, Adipati dan Canti terlihat kembali menjalankan ritual adat Jawa yakni panggih.

Setelahnya, Adipati bahkan mengungkapkan kejadian lucu saat diminta untuk berfoto di luar ruangan tempat prosesi pembacaan ijab kabul.

 

"Jadikan pakai adat, pakai dodotan, adatnya adat Jawa dan kita outdoor, tapi akadnya di ruangan. Tapi setelah itukan ada foto ke luar, dan gue lepas baju ya, dia juga pakai kemben, dan dipinggir pantai, kita masuk angin," bebernya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini