Sutradara Kim Ki Duk Meninggal Akibat Komplikasi COVID-19

Nadya Dheanty, Jurnalis · Sabtu 12 Desember 2020 07:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 12 33 2326238 sutradara-kim-ki-duk-meninggal-akibat-komplikasi-covid-19-RzkW5zIulH.jpg Kim Ki Duk. (Foto: MUBI)

RIGA - Sutradara asal Korea Selatan, Kim Ki Duk meninggal dunia di Latvia, pada 11 Desember 2020. Delfi melaporkan, sang sutradara meninggal dunia di rumah sakit setempat akibat komplikasi COVID-19

Sutradara film Crocodile itu berada di Latvia sejak 20 November silam. Dia berencana untuk membeli sebuah rumah sekaligus mengurus status kependudukan di negara yang terletak di utara Eropa tersebut. 

Kim Ki Duk meninggal dunia akibat komplikasi COVID-19.

Kabar kematian Kim Ki Duk kemudian dikonfirmasi perwakilan rumah produksinya, Kim Ki Duk Film kepada Sports Chosun. Dalam keterangannya, sumber tersebut mengungkapkan belum ada keputusan terkait pemakaman sang sutradara. 

Kim Ki Duk lahir pada 1960 dan memulai debutnya sebagai sutradara dengan menggawangi film Crocodile pada 1996. Dia kemudian menuai popularitas lewat sederet film seperti 3-Iron, Samaria, hingga Pieta

Kim Ki Duk meninggal dunia akibat komplikasi COVID-19.

Dia tercatat sebagai satu-satunya sutradara Korea yang menerima penghargaan dari tiga festival film internasional, Cannes, Venice, dan Berlin. Namun pada 2017 dan 2018, seiring masuknya gerakan ‘Me Too’ di Korea Selatan, seorang artis mengaku dilecehkan oleh Kim Ki Duk. 

Baca juga: Mantan Aktris Moebius Tuntut Sutradara Kim Ki duk Atas Kasus Kekerasan Seksual

Korban mengklaim, dipaksa untuk melakoni adegan tak senonoh dalam sebuah film yang disutradarai Kim Ki Duk. Namun karena minimnya bukti, pengadilan hanya menjatuhkan hukuman denda kepadanya. 

Kim Ki Duk meninggal dunia akibat komplikasi COVID-19.

Pada Maret 2018, program PD Notebook yang ditayangkan MBC membongkar lebih detail kasus kekerasan seksual yang dilakukan sang sutradara terhadap aktrisnya. Kesal dengan pemberitaan itu, dia menggugat MBC dan sang aktris. 

Namun Kim Ki Duk kalah di pengadilan dan mengajukan banding pada November 2020. Di tengah kasusnya, sang sutradara melanjutkan kariernya di luar negeri. Salah satu yang digarapnya adalah film berbahasa Russia berjudul Dissolve.*

Baca juga: Arry Saff Vokalis Band Cockpit Meninggal Dunia

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini