4 Fakta Pernikahan Kiwil: Isu Beda Agama hingga Tak Dihadiri Istri Pertama

Esa Rizky Abdillah, Jurnalis · Senin 30 November 2020 00:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 29 33 2318459 4-fakta-pernikahan-kiwil-isu-beda-agama-hingga-tak-dihadiri-istri-pertama-U3N3ruM7mn.jpg Komedian Kiwil. (Foto: Go Spot)

JAKARTA - Sebulan setelah diisukan menikah siri dengan Venti Figianti, komedian Kiwil kembali santer dikabarkan memiliki istri muda. Kabar itu kemudian dikonfirmasi oleh Safrudin Arafat, ustadz yang menikahkan sang komedian. 

“Oleh seorang teman, saya diminta untuk menikahkan artis. Awalnya, enggak tahu siapa artisnya. Baru tahu setelah sampai di hotel,” kata Safrudin seperti dikutip dari Starpro Indonesia, Senin (30/11/2020). 

Ternyata, menurut sang ustadz, pria yang akan dinikahkannya itu adalah komedian Kiwil. Pernikahan sederhana tersebut, imbuhnya, dilakukan secara siri di sebuah hotel di Jakarta, pada hari Minggu, sekitar pertengahan November 2020. 

“Iya, memang menikah siri. Dalam Islam kan siri itu sah. Maskawin berupa cincin dan seperangkat alat salat. Saksi kalau dari mempelai pria adalah relasinya. Sementara istrinya, ada keluarga,” ujar Safrudin Arafat.

 Kiwil menikah untuk ketiga kalinya. (Foto: Go Spot)

Lalu siapa sebenarnya perempuan yang dinikahi komedian bernama asli Wildan Delta tersebut? Inilah empat fakta menarik soal pernikahan ketiga Kiwil seperti dituturkan oleh Ustadz Safrudin Arafat.

Baca juga: Gara-Gara Isu Nikah Siri, Kiwil Sebut Bisnisnya Merugi 

SOSOK ISTRI KETIGA KIWIL

Ustadz Safrudin Arafat menjawab isu seputar status istri ketiga Kiwil yang santer dikabarkan janda anak satu. Dia menegaskan, Eva Belisima belum pernah menikah sebelumnya.

 Eva Belisima. (Foto: Go Spot)

Selain itu, sang ustadz menyebut, perempuan itu adalah seorang penyanyi lokal dan pebisnis kelapa sawit yang cukup sukses di Kalimantan. Sebagai perempuan single, kehidupan Eva Belisima pun terbilang mapan. 

ISU BEDA AGAMA

Tersiar kabar bahwa Eva Belisima merupakan non-muslim dan dia belum berstatus mualaf ketika dinikahi Kiwil. Terkait hal tersebut, Ustadz Safrudin Arafat mengaku, tak tahu pasti. 

“Saat pernikahan, ada wali dari mempelai perempuan. Saya juga menilai, Bang Kiwil punya pemahaman agama yang cukup baik. Jadi, saya tidak kroscek lagi akidah Islam mereka,” katanya.

Namun jika isu beda agama tersebut benar, sang ustadz memastikan pernikahan siri Kiwil dan Eva Belisima tidak sah. “Ya, kalau begitu, enggak sah dong. Saya rasa yang demikian pertanggungjawaban mereka lah,” ungkap sang ustadz.

TANPA RESTU ISTRI PERTAMA

Rohimah, istri pertama Kiwil dikabarkan tak tahu tentang pernikahan suaminya. Pasalnya, nama perempuan yang telah memberikannya empat anak itu tidak ada di daftar keluarga yang menyaksikan pernikahan sang komedian.

Hal itu, dikonfirmasi oleh Safrudin. “Iya, istri pertamanya tidak hadir,” ujar sang ustadz.

 Rohimah, istri pertama Kiwil. (Foto: Starpro Indonesia)

Kendati demikian, dia menyebut, Kiwil memang tak memerlukan izin istri pertama untuk menikah kembali. “Kalau laki-laki kan lebih gampang (untuk menikah lagi). Dia tak perlu izin istri pertama untuk menikah kembali.” 

ISU PERNIKAHAN SETTINGAN

Safrudin mengaku, tak terlalu ambil pusing tentang isu yang mengatakan bahwa pernikahan ketiga yang dijalani Kiwil itu hanya rekayasa semata. Pasalnya, dia memiliki foto yang menjadi bukti bahwa ijab kabul memang benar terjadi. 

Kalaupun akad nikah itu hanya rekayasa, dia menyerahkan hal itu sepenuhnya kepada sang komedian. “Wah, kalau itu terserah Bang Kiwil deh. Saya hanya bertugas menikahkan mereka. Soal kelanjutannya, itu terserah mereka,” ungkap sang ustadz.*

Baca juga: Kelanjutan Kasus Video Syur Mirip Gisel, Polisi Panggil Ahli Forensik Wajah 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini