Lagi, Aespa Tersandung Isu Plagiarisme

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 27 November 2020 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 27 205 2317263 lagi-aespa-tersandung-isu-plagiarisme-Vcpd0QWQNi.jpeg Aespa. (Foto: SM Entertainment)

SEOUL - Girl group baru asuhan SM Entertainment, Aespa kembali kembali dikaitkan dengan isu penjiplakan karya alias plagiarisme. Kali ini, tudingan itu datang dari seniman visual asal Los Angeles, Blake Kathryn.

Aespa. (Foto: SM Entertainment)

Pada 26 November 2020, lewat cuitannya di Twitter, Kathryn mengklaim bahwa art team Aespa menjiplak tata set dekor panggung saat girl group itu tampil di panggung Inkigayo, program musik yang ditayangkan oleh stasiun televisi SBS.

Blake Kathryn secara gamblang menuliskan ia merasa sangat tidak nyaman melihat begitu banyak kemiripan antara karya visual miliknya yang telah dipublish sejak 6 oktober silam dengan set tata panggung Aespa. 

Baca juga: Rilis Black Mamba, Aespa Masuk Chart Musik 95 Negara

Tak hanya itu, dia juga mengungkapkan kekesalannya melihat hasil karyanya dijiplak begitu saja oleh SM Entertainment. “Saya memang sudah lama ingin bekerja dengan artis K-Pop. Tapi, pencurian itu malah datang lebih awal," tuturnya.

Aespa. (Foto: SM Entertainment)

Sebelum Blake Kathryn, video klip debut Aespa, Black Mamba, juga sempat dituding menjiplak karya seniman visual asal Jerman, Vacades. Namun sang seniman mengaku, telah berdiskusi dengan sutradara video klip lagu itu dan menyebut masalah tersebut sudah diselesaikan.*

Baca juga: Tinggalkan RSKO, Dwi Sasono Bawa 3 'Teman' ke Rumah

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini