Ikut Penasaran, Anji Temukan Hal Menarik di Balik Kata 'Anjay'

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 01 September 2020 15:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 01 33 2270861 ikut-penasaran-anji-temukan-hal-menarik-di-balik-kata-anjay-nT2EeqoXRU.jpg Anji. (Foto: Instagram/@duniamanji)

JAKARTA - Penyanyi sekaligus pencipta lagu Erdian Aji Prihartanto alias Anji mengaku, ikut penasaran dengan makna kata ‘anjay’ yang belakangan hangat diperbincangkan. Dia menilai, kata itu tak selalu bermakna buruk. 

Bahkan, dia mengaku, menemukan hal menarik di balik kata tersebut. “Penasaran dengan riuhnya pembahasan kata (anjay) itu. Saya mencoba cek di internet dan menemukan hal menarik,” ujarnya lewat Instagram, pada 31 Agustus 2020. 

Anji. (Foto: Instagram/@duniamanji)

Dalam unggahannya, suami Wina Natalia itu membagikan tangkapan layar yang menyebutkan bahwa kata ‘anjay’ sudah populer sejak tahun 1998. Bukan ungkapan negatif, kata tersebut justru populer sebagai nama anak-anak laki-laki. 

Penggunaan terbesar nama itu ditemukan di Cilacap, Jember, Tangerang, Bandung, dan Brebes. Tak hanya itu, dalam postingan Anji tersebut juga disebutkan bahwa dalam bahasa sansekerta, ‘anjay’ berarti tak terkalahkan. 

Sang musisi pun kemudian penasaran apakah penggunaan kata tersebut benar-benar dilarang. “Jadi apakah benar penggunaan kata ini sudah dilarang?" katanya. 

Baca juga: Hadi Pranoto Diperiksa, Anji Dipanggil Polisi Lagi

Unggahan Anji pun dibanjiri komentar dari rekan sesama artis hingga warganet. “Hah, Anjay Maulana??? Adik gue jangan-jangan,” kata Armand Maulana. Sementara Young Lex, menuliskan, “Anjay dalam bahasa Sansekerta (bermakna) tak terkalahkan.” 

Lutfi Agizal, kekasih putri Iis Dahlia. (Foto: Instagram/@lutfiagizal)

Kisruh soal kata ‘anjay’ bermula dari kritik pesinetron Lutfi Agizal yang menyebut bahwa kata itu memiliki makna negatif. Dia bahkan sempat mewawancarai beberapa pihak untuk mengulas arti negatif kata tersebut. 

Tak sampai di situ, kekasih putri pedangdut Iis Dahlia itu juga melaporkan permasalahan itu ke Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Hingga akhirnya, KPAI melarang penggunaan kata ‘anjay’.*

Baca juga: Kembali Berurusan dengan Hukum, Irwansyah: Gue Dilaporkan Melulu

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini