5 Lagu Karya Anak Indonesia yang Mendunia

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Minggu 16 Agustus 2020 09:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 16 205 2262957 5-lagu-karya-anak-indonesia-yang-mendunia-k1GmcBaGz5.jpg Weird Genius (Foto: Okezone)

JAKARTA - Indonesia memiliki sejumlah musisi yang berbakat. Beberapa dari mereka bahkan bisa mengharumkan nama Indonesia hingga kancah Internasional.

Lagu-lagu karya anak bangsa semakin dilirik dunia, berkat maraknya platform streaming digital. Tak hanya di Tanah Air, lagu karya anak bangsa juga bisa viral di luar negeri. Mau tahu lebih lanjut, berikut lagu-lagu karya anak bangsa yang mendunia:

1. Bengawan Solo (Gesang)

 

Lagu Bengawan Solo yang diciptakan Gesang pada 1940 ini bisa dibilang menjadi salah satu lagu karya anak bangsa yang fenomena. Lagu tersebut telah diterjemahkan ke dalam 15 bahasa, salah satunya Jepang. Bahkan lagu ini juga sempat mengisi salah satu film layar lebar di Negeri Sakura tersebut.

2. Lathi

 

Lagu Lathi telah ditonton hingga 84 juta kali di YouTube sejak dirilis pada 28 Februari 2020. Tak hanya sempat menempati trending dan viral di media sosial. Lagu ini juga menghantarkan Weird Genius hingga dikenal di dunia internasional.

Beberapa waktu lalu Weird Genius terpampang di Times Square, New York. Bahkan salah satu personel Weird Genius, Eka Gustiawan mengungkapkan ada beberapa musisi luar negeri yang juga melirik mereka.

3. Dat $tick

 

Rapper Rich Brian mendunia berkat lagu Dat $tick. Kini dia berada dalam naungan label musik asal Amerika Serikat, 88rising.

Pria dengan nama asli Brian Imanuel itu juga sebelumnya mendapatkan tawaran untuk berkolaborasi dengan sejumlah rapper tenar dunia, seperti Ghostface Killah dari grup hip hop legendaris Amerika Serikat Wu Tang Clan dan rapper asal Florida, Pouya, yang kemudian melahirkan lagu remix dari ‘Dat $tick’.

4. Lagu Syantik

 

Musik dangdut juga dapat mendunia, salah satunya berkat lagu Lagi Syantik yang dipopulerkan Siti Badriah. Lagu yang dirilis dua tahun lalu ini telah ditonton hingga 603 juta kali. Tak hanya itu, lagu Syantik juga berhasil di cover oleh salah satu boyband asal Korea Selatan, GTI.

5. Sephia

 

Lagu milik Sheila On 7 bisa dibilang selalu melegenda di Tanah Air. Menariknya, lagu Sephia yang dirilis pada tahun 2000 berhasil sukses di luar negeri. Lagu tersebut populer di Taiwan usai dinyanyikan kembali oleh Qi Qin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini