4 Artis DKI Jakarta yang Kental dengan Budaya Betawi

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 22 Juni 2020 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 22 33 2234214 4-artis-dki-jakarta-yang-kental-dengan-budaya-betawi-kHt4cutx66.jpg Mpok Nori (Foto: Okezone)

JAKARTA- DKI Jakarta merayakan ulang tahun ke-493 pada hari ini, (22/6/2020). Soal budaya, Ibu Kota Indonesia ini pasti tidak lepas dengan budaya asli Betawi.

Artis asli Betawi yang dikenal publik yang banyak yang sukses ketika mengawali karier lewat lenong Betawi. Berikut beberapa artis asli DKI Jakarta yang kental dengan budaya Betawi seperti dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga:

Pesan Aurel untuk Anang Hermansyah di Hari Ayah: Terima Kasih Telah Menjagaku

 It's Okay Not to Be Okay Pimpin Rating, Performa Backstreet Rookie Naik Tipis

1. Mpok Nori

 Mpok Nori

Bila mendengar nama Mpok Nori mungkin kita langsung teringat dengan suara cemprengnya. Ternyata, perempuan bernama asli Nuri Saruni ini merupakan salah satu ikon komedi Betawi. Ia juga merupakan pendiri grup lenong Sinar Noray.

Lahir di Jakarta pada 10 Agustus 1930, Mpok Nori mengawali kariernya dengan mengikuti pentas lenong Betawi bersama sahabatnya Bokir. Kemudian ia mulai dikenal setelah membintangi serial televisi "Pepesan Kosong pada tahun 1993-1995.

Tidak hanya bermain peran, Mpok Nori juga pandai bermain silat dan bernyanyi. Bahkan ia mempunyai kaset rekaman berjudul 'Sampah'. Ia meninggal dalam usia 84 tahun pada 3 April 2015 di Jakarta.

2. Benyamin Sueb

 Benyamin Sueb

Benyamin Sueb merupakan artis asli Betawi yang serba bisa. Ia bisa menjadi aktor, penyanyi, pelawak, hingga sutradara. Sudah ada 53 judul film dan 75 album musik yang dihasilkannya selama hidup. Pria yang lahir di Batavia, 5 Maret 1939 ini menghembuskan napas terakhirnya pada 5 September 1995 dalam usia 56 tahun.

Ia sudah mulai memperlihatkan ketertarikannya di dunia seni sejak kecil. Pada usia 6 tahun bahkan ia membentuk kelompok musik kaleng rombeng yang menjadi cikal bakal kiprah Benyamin di dunia seni.

Kemudian, kesuksesan karier bermusiknya diawali dengan bergabung di satu grup Naga Mustika. Ia juga sempat duet dengan penyanyi Ida Royani dan Inneke Koesoemawati.

3. Mandra

Mandra

Sama dengan Mpok Nori, Mandra mengawali kariernya di bidang seni lewat Lenong Betawi. Kemudian, namanya kian melambung sejak memerangakan Mandra di sinetron Si Doel Anak Sekolahan.

Sukses di sinetron, kakak tertua dari komedian Omaswati dan Mastur ini pun mendirikan sebuah rumah produksi Viandra Production. Ia membuat sinetron Babe yang dibintangi Agus Kuncoro dan Yati Surachman. Selain sinetron, Mandra juga membintangi beberapa film diantaranya Jaka Sembung dan Dewi Samudra, Amrin Membolos, dan Akhir Kisah Cinta si Doel.

Baca Juga:

Khawatir Covid-19, Calon Menantu Hetty Koes Endang Rapid Test Seminggu Sekali

 Momen Romantis Didi Riyadi Hadiri Ultah Ayu Ting Ting

4. David Nurbianto

David Nurbianto

Terakhir ada David Nurbianto yang merupakan komika muda asli Betawi. Ia bahkan dijuluki abangnya komika betawi. Dalam stand up komedinya David kerap kali membawakan materi terkait budayanya. Selain stand up, David juga berhasil bermain peran di beberapa judul sinetron dan film, diantaranya 3 Semprul, Abdullah dan Takeshi, dan Gila Lu Ndro!

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini