Ustadz Asal Malaysia Minta Maaf soal Komentar Lathi Challenge

Lintang Tribuana, Jurnalis · Sabtu 06 Juni 2020 21:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 06 33 2225651 ustadz-asal-malaysia-minta-maaf-soal-komentar-lathi-challenge-pZlEltWjfb.jpg Video Klip Lagu Lathi. (Foto: YouTube/Weird Genius)

JAKARTA - Sehari setelah Reza ‘Arap’ Oktovian menantang akun Twitter @wandazrin untuk membuktikan klaimnya soal Lathi Challenge media untuk memanggil makhluk gaib, sang pemilik akun pun buka suara. 

Lewat akunnya, tokoh agama asal Malaysia itu merilis permohonan maaf terbuka yang ditujukan pada masyarakat Jawa di Indonesia. Kicauan itu, menurut dia, hanya pengingat agar umat Islam lebih berhati-hati menyikapi ritual kepercayaan yang mungkin tersimpan dalam Lathi Challenge. 

Lathi Challenge.

“Saya tidak pernah bermaksud untuk menuduh budaya Jawa keseluruhan. Saya minta maaf ya,” ujar Wan Dazrin dalam kicauannya di Twitter, pada Sabtu (6/6/2020). 

Dia menyadari, penggunaan kata ‘Jawa’ dalam kicauannya telah memantik kemarahan masyarakat Jawa. Alasan itulah yang membuat sang ustadz meminta maaf secara terbuka.

Baca juga: Lathi Challenge Disebut Sesat, Reza Arap Angkat Bicara 

Wan Dazrin menegaskan, dia tak pernah membuat pernyataan bahwa Lathi Challenge haram. Unggahan itu, menurutnya, hanya untuk menasihati agar umat Islam tidak lalai dan merugi. 

“Jika nasihat saya mengena, maka lakukanlah. Jika ingin terus membuat Lathi Challenge, silakan. Saya tidak bisa menghalangi siapapun. Itu 100 persen hak dan pilihan kalian,” katanya menambahkan.

Pada akhir keterangannya, Wan Dazrin mengungkapkan permohonan maaf terbuka yang diunggahnya itu merupakan pertanda dia menerima kritik dan masukan dari banyak pihak. “Terima kasih untuk orang-orang Jawa yang sudah begitu perhatian dan penyayang.” 

Permintaan maaf sang tokoh agama itu kemudian ditanggapi oleh pengguna Twitter dengan berbagai opini. Meski sebagian besar menerima permintaan maaf itu, namun seorang netizen berharap, Wan Dazrin tak lagi mengomentari sesuatu yang tak dia kuasai. 

“Lain kali kalau mau buat pernyataan jangan asal bicara. Karena kau akan terlihat bod*h. Indonesia itu punya banyak budaya. Penyebaran agama Islam di sana dilakukan lewat budaya, seperti wayang, musik, dan tarian,” ujar warganet tersebut.*

Baca juga: Gigi Hadid Pamer Foto Selfie Bernuansa Intim dengan Zayn Malik

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini