Share

Guruh Soekarnoputra, Anak Bung Karno yang Berjiwa Seni

Lintang Tribuana, Okezone · Sabtu 06 Juni 2020 17:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 06 33 2225542 guruh-soekarnoputra-anak-bung-karno-yang-berjiwa-seni-xKnj5NPZiA.jpg Guruh Soekarnoputra (Foto: Okezone)

JAKARTA - Hari ini, Sabtu (6/6/2020) merupakan hari ulang tahun Presiden RI pertama, Soekarno. Meski dikenal sebagai Bapak Proklamator, sosoknya juga memiliki jiwa seni. Hal ini dibuktikan dengan terciptanya lagu Bersuka Ria.

Jiwa seni ini rupanya diwariskan kepada putra bungsunya dengan Fatmawati, yakni Guruh Soekarno Putra. Ia bahkan lebih dikenal sebagai seniman dan budayawan ketimbang politikus.

Guruh Soekarnoputra

Pemilik nama lengkap Muhammad Guruh Irianto Putra ini sudah menggemari dunia seni sejak kecil. Kecintaannya pada budaya lokal mendorongnya belajar menari Sunda, Jawa, hingga Bali dan mementaskannya di panggung.

Tak hanya menari, Guruh juga mahir bermain piano. Ia membentuk band Beat-G pada 1965 yang album perdananya dirilis 10 tahun kemudian.

Baca Juga:

- Kemas Ulang Lagu Guruh Soekarnoputra, D'Masiv Merasa Terbebani

- Berambisi Jadi Idol, sang Ibu Minta Kwanghee Jalani Operasi Plastik

Atas kecintaannya terhadap seni tari, Guruh mendirikan sanggar tari Swara Mahardika pada 1977. Banyak konser yang digelar, salah satunya Pagelaran Karya Cipta Guruh Soekarnoputra II dengan tajuk 'Untukmu Indonesiaku' yang versi dokumenternya dibuat pada 1980.

Pria kelahiran 13 Januari 1953 itu juga menuangkan rasa cintanya terhadap Indonesia melalui lagu, seperti Cinta Indonesia, Damai, dan Lenggang Puspita. Ia menggandeng musisi ternama untuk membawakan lagu ciptaanya seperti Ahmad Albar dan Vina Panduwinata.

Guruh terus melebarkan kemampuannya sebagai musisi dengan merilis Guruh Gipsy pada 1977. Ini merupakan album ekperimental dengan grup musik Gipsy yang digawangi oleh Keenan Nasution, Gauri Nasution, Chrisye, Tammy Daud, Onan Susilo dan Atut Harahap.

Baca Juga: 50 Tahun Berkarya, Indomie Konsisten Hidupkan Inspirasi Indomie untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

(LID)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini