Share

Ashanty Sentil Pengusaha Kakap yang PHK Pegawai Imbas Corona

Adiyoga Priambodo, Jurnalis · Minggu 10 Mei 2020 10:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 10 33 2211754 ashanty-sentil-pengusaha-kakap-yang-phk-pegawai-imbas-corona-fAIZxqXnZK.jpg Ashanty. (Foto: Instagram/@ashanty_ash)

JAKARTA - Penyanyi Ashanty menyoroti fenomena pemutusan hubungan kerja (PHK) yang terjadi di tengah masyarakat sebagai imbas pandemi Corona. Lewat Instagram, dia berharap agar para pengusaha untuk memiliki hati nurani di tengah pandemi saat ini. 

“Perusahaan besar (dengan) omzet triliunan, sebulan (setelah) pandemi Corona tutup!! PHK ribuan bahkan jutaan pegawai. Dari yang saya pelajari, secara bisnis (pendemi ini memang membuat) omzet drop. Tapi kan ini musibah buat semua,” ujarnya lewat Instagram, pada 9 Mei 2020. 

Ashanty. (Foto: Instagram/@ashanty_ash)

Kondisi itu, menurut ibu empat anak itu, menjadi momen untuk melihat sejauh mana seorang pengusaha bisa berempati kepada para pegawainya. Kalau memang bisnis harus ditutup, dia menyarankan agar perusahaan memberikan pesangon pegawai sebesar 50-70 persen. 

Meski berat, namun Ashanty mengungkapkan bahwa pengusaha bisa merogoh tabungannya untuk memberikan gaji pegawai. “Toh mereka mau cari kerja di mana di tengah Corona begini? Bisnis Anda hanya kacau, tapi hidup tetap bahagia. Tabungan tetap sampai tujuh turunan,” ujarnya.

Baca juga: Dituding Lemparkan Sedekah ke Ojol, Ashanty Tulis Klarifikasi 

Dia menambahkan, “Sedangkan manusia-manusia yang tidak bekerja karena diPHK ini lebih kacau. Mereka harus mikir besok mau makan apa? Sekolah anak bagaimana? Bayar kontrakan bagaimana?” 

Istri Anang Hermansyah itu berharap, para pengusaha bisa membaca unggahannya dan terketuk pintu hatinya untuk memberikan pesangon para pegawai yang telah diPHK. “Semoga kita semua masih punya hati nurani. Tak hanya memikirkan untung dan rugi dalam berbisnis.”

 Ashanty. (Foto: Instagram/@ashanty_ash)

Unggahan tersebut, mendapatkan tanggapan dari warganet dan para rekan artis. Nanda Persada misalnya menuliskan, “Jangan sampai omzet triliunan, tapi hati recehan.” Aktris Kartika Putri juga mengapresiasi keberanian Ashanty untuk berbicara tentang fenomena tersebut. 

“Akhirnya ada yang speak up juga, bunda. Aku mau speak up tapi kan belum punya usaha, jadi takut dibilang sotoy. Untung bertahun-tahun yang notabene berlipat-lipat gaji karyawan tapi tetap rugi. Hitungan bulan langsung PHK. Terlalu serakah,” tutur Kartika Putri.*

Baca juga: Penampilan Menggoda Desainer Vera Wang di Usia 70 Tahun

Baca juga: Ashanty Sentil Pengusaha Kakap yang PHK Pegawai Imbas Corona

(SIS)

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini