Titin Sumarni: Kisah Tragis si Marilyn Monroe dari Indonesia

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Senin 20 April 2020 00:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 19 33 2201692 titin-sumarni-kisah-tragis-si-marilyn-monroe-dari-indonesia-FCTQzyBLo8.jpg Titin Sumarni. (Foto: Film Varia)

JAKARTA - Di era '50-an, Titin Sumarni tercatat sebagai salah satu primadona perfilman nasional. Tahi lalat di sudut atas bibirnya bahkan membuat dia dijuluki Marilyn Monroe dari Indonesia. 

Kecantikan Titin tak hanya dikagumi Presiden Soekarno. Seorang sineas asal Korea Selatan bernama Huyung pun sempat merekomendasikan Titin untuk masuk dalam majalah ternama internasional. 

Titin Sumarni. (Foto: Rahasia Hidup RA Titien Sumarni)

Titin lahir pada 28 Desember 1932 dari ayah asal Surabaya, Jawa Timur dan ibu berdarah Sunda. Menghabiskan masa kecilnya di Tasikmalaya, Jawa Barat, Titin kecil dikenal aktif dan kerap mencoba hal baru. 

Film Seruni Laju yang dirilis pada 1951 merupakan proyek debutnya di layar lebar. Dari situ, dia mendapat tawaran untuk membintangi sederet film lainnya, seperti Gadis Olahraga, Kenangan Masa, Dunia Gila, hingga Sepanjang Malioboro.

Baca juga: Bagikan Foto Masa Pacaran, Maia Estianty Diminta Tambah Momongan

Pada 1959, setelah vakum selama 3 tahun dari dunia film, Titin Sumarni datang dengan kabar menggegerkan. Dia mempolisikan seorang pengusaha bernama Muhammad Jahja Ali. 

Alasannya, Jahja yang juga kolega ayahnya itu enggan bertanggung jawab pada bayi yang dikandungnya hingga berujung keguguran. Kala itu, Pikiran Rakjat memberitakan, sang aktris meminta ganti rugi sebesar Rp5 juta kepada Jahja.

 Titin Sumarni. (Foto: Rahasia Hidup RA Titien Sumarni)

Petualangan cintanya tak berhenti sampai di situ. Setelah Jahja Ali, dia masih menggandeng beberapa pria lainnya, seperti Enoch Danubrata, Entje Senu Abdul Rachman, dan Sampetoding. 

Tanete Pong Masak dalam Sinema Pada Masa Sukarno mengatakan, Titin Sumarni meninggal dunia pada 1966 akibat tuberculosis (TBC). "Kabarnya, dia diracun salah satu dari tujuh mantan suaminya," ungkap Tanete dalam buku itu.*

Baca juga: Ikhlas Bercerai, Goo Hye Sun Klaim Sudah Move On dari Ahn Jae Hyun

(SIS)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini