2 Pelaku Peretasan Ponsel Joo Jin Mo & Ha Jung Woo Dijatuhi Hukuman

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Sabtu 11 April 2020 19:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 11 33 2197710 2-pelaku-peretasan-ponsel-joo-jin-mo-ha-jung-woo-dijatuhi-hukuman-GGVhG4woft.jpg Joo Jin Mo dan Ha Jung Woo (Foto: Xportsnews)

SEOUL - Pelaku peretasan ponsel selebriti-selebriti Korea Selatan mendapat hukuman. Dua artis yang diketahui menjadi korban hacker ini adalah Joo Jin Mo dan Ha Jung Woo.

Kepala jaksa Byun Pil Gun dari Kantor Kejaksaan Tinggi Seoul menuturkan jika kedua pelaku dijatuhi hukuman tahanan karena melakukan tindak pemerasan dan melanggar UU Penggunaan Jaringan Komunikasi dan Informasi dan Perlindungan Informasi.

Ha Jung Woo

Kedua hacker didakwa karena mengancam akan menyebarkan informasi personel para selebriti yang ponselnya mereka retas. Sebagai ganti tutup mulut, kedua pelaku meminta sejumlah uang.

Dari aksinya tersebut, pelaku berhasil mendapatkan uang 600 juta Won atau setara Rp7,8 miliar dari setidaknya lima selebriti.

Baca Juga:

Agensi Ha Jung Woo Klarifikasi Tuduhan Penggunaan Nama Adik di Kasus Propofol

Bukan Riza Shahab, Polisi Ringkus Reza Alatas Atas Kepemilikan Narkoba

Joo Jin Mo tak termasuk dalam daftar artis yang bersedia membayar uang tutup mulut hacker tersebut. Sebaliknya, Joo Jin Mo secara lantang mengatakan menolak membayar hacker karena tak ingin ada lebih banyak korban lagi.

Joo Jin Mo

Pada Maret 2020, tim investigasi cyber Kepolisian Metropolitan Seoul membekuk kedua pelaku dan langsung melakukan investigas. Kepolisian lantas menyerahkan kasus ini kepada kejaksaan.

Meski demikian, polisi kabarnya masih belum berhasil membekuk bos kedua hacker tersebut. Bos mereka berhasil kabur ke China dan masih dilacak keberadaannya hingga detik ini.

(LID)

BERITA FOTO
+ 7

Mengejutkan! Song Joong Ki Gugat Cerai Song Hye Kyo

Song Joong Ki meminta orang-orang agar tidak membahas kehidupan pribadi nantinya. (Foto: Instagram @songjoongkionly)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini