Peringati Hari Film Nasional di Tengah Corona, Riri Riza: Masa Sulit

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Senin 30 Maret 2020 14:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 30 206 2191222 peringati-hari-film-nasional-di-tengah-corona-riri-riza-masa-sulit-5mgH5B7qpG.jpg Riri Riza (Foto: Instagram/@rizariri)

JAKARTA - Merayakan Hari Film Nasional yang jatuh setiap tanggal 30 Maret, Riri Riza menuliskan pesan untuk industri perfilman Tanah Air. Melalui akun Instagramnya, pria 49 tahun ini mengenang pembuatan film lokal pertama yang dibuat oleh sineas Usmar Ismail dan juga diproduksi oleh Perfini (Perusahaan Film Nasional Indonesia) pada 1950.

Riri Riza

"30 Maret 1950 adalah hari pertama shooting film Darah dan Doa karya sineas Usmar Ismail yang menjadi penanda Hari Film Nasional. Saat itu situasi sulit karena revolusi baru saja usai, Indonesia baru kembali membangun," kenangnya, dalam akun Instagram, Senin (30/3/2020).

Baca Juga:

Soal Perkembangan Industri Film Nasional, Riri Riza: Regenerasi Terjadi Cukup Baik

Maia Estianty Akhirnya Kembali ke Pelukan Suami

Kini, di tengah virus corona yang menyerang Indonesia, sutradara film Bebas tersebut mengaku sama-sama menjalani masa sulit seperti yang sempat pula dialami oleh Usmar Ismail kala itu. Imbauan untuk melakukan physichal distancing, membuat rumah produksi tempatnya bernaung terpaksa harus menunda dua produksi demi mengurangi penyebaran virus corona.

"Saat ini, kita semua, termasuk industri perfilman, kembali menghadapi masa sulit," jelasnya.

Riri Riza

Di akhir unggahannya, Riri berharap agar pandemi corona bisa segera berakhir. Sehingga, masyarakat bisa segera berangkat ke bioskop untuk menyaksikan film-film Indonesia karya para sineas.

"Mari kita jaga kesehatan & kebersihan, tetap semangat, dan tetap produktif walaupun #JagaJarak dan #DiRumahAja demi keselamatan bangsa. Selamat Hari Film Nasional. Semoga kita segera bertemu lagi di bioskop!" tandasnya.

(LID)

BERITA FOTO
+ 7

Nicholas Saputra

Pemain film Ada Apa Dengan Cinta (AADC) 2 Nicholas Saputra saat menghadiri acara konferensi pers di kawasan Senayan, Jakarta, Senin (25/4/2016). Di film AADC 2, Nicholas Saputra sebagai Rangga, peran yang sama saat dirinya membintangi AADC 1.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini