Cerita Upi Avianto Awal Mula Menjadi Sutradara Film

Ady Prawira Riandi, Jurnalis · Senin 30 Maret 2020 14:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 30 206 2191197 cerita-upi-avianto-awal-mula-menjadi-sutradara-film-t6swds6hw8.jpg Upi Avianto (Foto: Okezone)

JAKARTA - Nama Upi Avianto sebagai seorang sutradara berbakat sudah bukan rahasia umum lagi. Berbagai karya yang telah dihasilkannya dari mulai Tusuk Jelangkung hingga My Stupid Boss 2 adalah bukti nyata bahwa namanya diakui di pentas perfilman nasional.

Dalam rangka merayakan Hari Film Nasional, Upi pun membagikan pengalaman serunya bisa masuk ke industri perfilman Indonesia. Tanpa disangka, Upi mengawali kariernya justru bukan sebagai seseorang yang bekerja di kantor perfilman.

Baca Juga:

Maia Estianty Akhirnya Kembali ke Pelukan Suami

Pertama Kali Bertemu Hiu Paus, Raline Shah Kaget

Upi Avianto

Bersama Lukman Sardi, Garin Nugroho, Hanung Bramantyo, Nia Dinata, Joko Anwar, dan Riri Riza, Upi pun menceritakan bahwa proses menjadi sutradara pada masanya terbilang sulit. Pada saat itu ia bahkan tidak tahu bagaimana jalur karier seorang sutradara terbentuk.

"Saya tuh orang yang di pinggir lapangan, bawain tissue. Kan dulu tempat syuting itu belum ada AC ya, jadinya yang ngelapin keringet artis ya saya," kata Upi dalam tayangan live di Instagram Indonesia Film Directors Club, Senin (30/3/2020).

Di balik kisah susahnya menjadi seorang sutradara, Upi menyadari bahwa prosesnya justru membentuk dirinya menjadi seseorang seperti sekarang ini. Sutradara film Radit dan Jani ini mengaku bahwa tidak mudah mencapai impian menjadi sutradara apalagi tanpa dimodali pengetahun dari sekolah.

"Jadi pokoknya gue kan gak punya background pendidikan film. Jadi semua itu gue dapetin dari learning by doing. Bukan ujug-ujug aja. Gue lewatin proses panjang dan dari nol sampe di posisi seperti sekarang ini," pungkasnya.

Baca Juga:

Mantan Istri Kecewa Jeremy Renner Tak Bisa Penuhi Tunjangan Anak

Anak Kedua Lahir di Tengah Pandemi Corona, Keanan Pearce: Kamu Beruntung

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini