Perjuangan Jadi Pelawak, Sule Pernah Dibayar Rp2.000

Rena Pangesti, Jurnalis · Jum'at 27 Maret 2020 19:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 27 33 2190128 perjuangan-jadi-pelawak-sule-pernah-dibayar-rp2-000-5WlLGC7qsz.jpg Sule. (Foto: Instagram/@ferdinan_sule)

JAKARTA – Kemampuan Sule dalam mengocok perut penonton memang tak perlu diragukan lagi. Ternyata, bakat tersebut dia dapatkan dari mendiang ayahnya yang memang dikenal sebagai sosok yang humoris. 

Sule berkisah, ayahnya yang berprofesi sebagai pedagang bakso itu kerap melontarkan candaan kepada pelanggan setianya. Sule yang kala itu masih kelas 5 SD pun mulai mempelajari cara ngebanyol sang ayah. 

“Bokap gue itu lucu banget. Misalnya ada yang beli, dia bilang ‘Mau ngapain Neng?’ Ya kan ke situ buat beli bakso, masak mau push up. Ya begitu,” kata Sule seperti dikutip dari channel YouTube Denny Cagur, Jumat (27/3/2020). 

Setelah berusia 18 tahun, Sule mulai mencoba peruntungannya sebagai pelawak dengan beraksi dari panggung ke panggung di Kota Bandung. Perjuangannya kemudian berlanjut di radio komunitas hingga Radio Soneta.

Baca juga: Alasan Sule Mendamba Istri Seperti Ashanty

“Saat itu, saya ingat banget dibayar Rp2.000 per jam. Kalau sebulan, ya kira-kira bisa mengantongi Rp210.000 lah,” kenang ayah empat anak tersebut.

Bersama dua rekannya, Suwarna (Oni) dan Oding (Ogi), Sule membentuk grup lawak SOS. Dari situ, dia mengikuti audisi lawak yang digelar RCTI.

Sayangnya, Sule harus kalah dalam audisi tersebut karena event tersebut hanya diperuntukkan bagi mahasiswa. “Maka dari itu gue enggak menang,” kata Sule.

Perjuangan pria bernama Entis Sutisna tak berhenti, saat TPI (sekarang MNCTV) menggelar audisi lawak, ia bersama rekannya kembali mendaftar event serupa lainnya. 

Kegigihan mereka tak sia-sia, sebab mendapat juara satu dalam acara tersebut. Kini, Sule pun bisa memetik hasil dari perjuangannya selama ini.*

Baca juga: Tanggapan Salmafina soal Foto Berhijab yang Diunggah sang Ayah

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini