Indonesia Alami Krisis APD, Leony Eks Trio Kwek Kwek Sedih

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Selasa 24 Maret 2020 05:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 23 33 2187898 indonesia-alami-krisis-apd-leony-eks-trio-kwek-kwek-sedih-mYreLsSwHh.jpg Leony Vitria (Foto: Vania/Okezone)

JAKARTA - Semenjak outbreak corona di Indonesia, sejumlah alat pelindung diri (APD) seperti masker, hand sanitizer, alkohol, hingga sarung tangan latex menjadi langka di pasaran. Banyak rumah sakit yang kini tak memiliki persediaan cukup untuk bisa melindungi para tenaga medis sebagai garda terdepan menanggulangi virus corona.

Kelangkaan APD di kalangan tenaga medis, membuat mantan personel Trio Kwek Kwek, Leony Vitria, bersuara. Melalui unggahan akun Instagramnya, wanita 32 tahun ini meluapkan rasa kesalnya lantaran Indonesia mengalami krisis APD.

Leony

"Saya tuh sedih loh baca RS (rumah sakit) dimana-mana di seluruh daerah minta sumbangan APD. Harusnya enggak begini kondisinya.. Sesak napas rasanya bayangin mereka yang berjuang di garda terdepan virus COVID-19 tapi enggak punya perlengkapan sama sekali," tulis Leony.

Baca Juga:

Leony Sedih Claudia Emmanuela Santoso Dinyinyiri Netizen

Pemeran Wiro Sableng, Abi Cancer Meninggal Dunia

"Korban tenaga medis udah banyak yang berguguran, sedangkan ini masih masa awal perjuangan. Sampai kapan krisis Alat Perlindungan Diri buat tenaga kesehatan ini berakhir?" sambungnya.

Ia melanjutkan, "Soalnya serius deh, di online store itu kelihatannya masih banyak lho.. Harganya ampun mahalll... Serius deh, ini saya ingin tahu jawabannya? Apa yang harus dilakukan biar APD kembali normal enggak krisis kayak sekarang?"

Leony

"Saya stress sendiri lihat kondisi sekarang ini, tapi enggak bisa berbuat banyak kecuali bantu menyebarkan awareness untuk tidak usah beli yang kita tidak perlu!" tandasnya.

Melalui unggahannya di Instagram, Leony juga menyertakan sebuah foto tenaga medis di Sorong, Papua, yang terpaksa membuat masker dari nurse cap karena keterbatasan jumlah APD. Tak hanya itu, alat pelindung wajah alias face shield bahkan terpaksa dibuat dengan menggunakan kertas laminating, demi melindungi diri mereka, lantaran kesulitan mencari APD saat ini.

(LID)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini