Publik Kecam Keputusan Pengadilan Tolak Permohonan Penahanan Seungri

Erdyaldha Rizky Nikita Sitorus, Jurnalis · Selasa 14 Januari 2020 20:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 14 33 2152906 publik-kecam-keputusan-pengadilan-tolak-permohonan-penahanan-seungri-ZrixbwCfsx.jpg Seungri. (Foto: SpoTV News)

SEOUL - Keputusan Pengadilan Distrik Seoul Pusat menolak permohonan penahanan praperadilan atas Seungri ditanggapi sinis oleh publik Korea. Mereka mulai mengkritik sistem peradilan yang berjalan di Negeri Ginseng tersebut.

 Seungri menghadiri sidang hearing terkait penahanannya pada 14 Januari 2020. (Foto: SEGYE)

“Hakim Song Kyung Ho! Untuk bisa menghakimi Seungri, kau harus melihat dia sebagai masyarakat biasa. Bagaimana mungkin kami bisa menerima keputusanmu?” ujar seorang warganet seperti dikutip dari Allkpop, Selasa (14/1/2020).

Lainnya mengkritisi keputusan pengadilan itu dengan mengatakan, “Jadi, beginikah cara kalian menjalankan hukum di negara ini?” Sementara pengguna Internet lainnya mengungkapkan, “Ini luar biasa. Inikah yang kalian maksud dengan mendewakan hukum?”

Baca juga: Pengadilan Tolak Permintaan Penahanan Kedua Atas Seungri 

Kemarahan publik ini menyusul keputusan Pengadilan Distrik Seoul Pusat menolak surat permohonan penahanan yang diajukan kejaksaan pada 10 Januari silam. Sebelum mengambil keputusan tersebut, Koreaboo melaporkan, Seungri sempat mengikuti sidang hearing pada 14 Januari 2020, sekitar pukul 10.10 KST (sekitar jam 08.10 WIB).

 Seungri. (Foto: Newsen)

Sekitar pukul 13.30 KST atau sekitar 3 jam 20 menit setelah sidang hearing dimulai, Seungri terlihat meninggalkan ruang sidang menuju pusat penahan tanpa tangan diborgol. Sebelum memasuki mobil van, dia memberikan senyum tipis pada awak media yang memenuhi pengadilan.

Dalam keputusannya, hakim Song Kyung Ho kemudian menetapkan mantan personel BIGBANG itu tidak akan ditahan. “Sulit untuk mencari alasan penahanan untuk terdakwa setelah melihat hasil penyelidikan, termasuk bukti dan proses investigasi yang telah berjalan,” ujarnya.

 Seungri. (Foto: XPN)

Sang hakim menambahkan, sikap kooperatif Seungri selama penyelidikan turut menjadi pertimbangan hakim untuk tidak menahannya. Keputusan tersebut menjadi penolakan kedua, setelah pada Mei 2019 pengadilan juga menolak permintaan penahanan praperadilan untuk Seungri.*

Baca juga: Ji Chang Wook dan Kim Yoo Jung Berpotensi Bintangi Convenience Store Saet Byul

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini