nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ratna Sarumpaet Ungkap Rencana Usai Lepas dari Penjara

Rena Pangesti, Jurnalis · Sabtu 28 Desember 2019 06:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 27 33 2146744 ratna-sarumpaet-ungkap-rencana-usai-lepas-dari-penjara-3ugYFE4I8X.jpg Ratna Sarumpaet. (Foto: Okezone)

JAKARTA – Setelah 15 bulan mendekam di balik jeruji besi, Ratna Sarumpaet akhirnya menghirup udara bebas pada 26 Desember 2019. Aktivis yang tersandung kasus penyebaran hoax tersebut mendapatkan keringanan hukuman pasca-divonis 2 tahun penjara.

Tak ada pesta penyambutan untuk Ratna Sarumpaet di Lapas Perempuan Pondok Bambu, Jakarta Timur. Aktivis 70 tahun itu mengaku, hanya ingin berkumpul dengan keluarga setelah bebas. “Kami hanya makan bersama,” katanya seperti dikutip dari Starpro Indonesia, Sabtu (28/12/2019).

 Ratna Sarumpaet Jalani Sidang Vonis di PN Jakarta Selatan

Selain menikmati lebih banyak waktu dengan keluarga, Ratna Sarumpaet juga berniat menyelesaikan pekerjaan yang telah dimulainya di dalam penjara. “Ada buku yang ingin saya selesaikan. Mudah-mudahan rampung dalam waktu sebulan,” ujar mertua aktor Rio Dewanto tersebut.

Ratna juga mengungkapkan kemungkinan untuk kembali ke dunia hiburan ke depannya. Terlibat dalam pertunjukan teater atau menggarap proyek layar lebar menjadi dua kemungkinan yang akan dilakukannya kelak.

Baca juga: Genggam Tangan Ratna Sarumpaet, Atiqah Hasiholan Ungkap Rasa Syukur 

“Tapi, saya belum memikirkan dengan serius semua kemungkinan itu. Saya hanya ingin fokus pada keluarga dulu,” tuturnya menambahkan.

Penjara, diakui Ratna Sarumpaet, memberi pelajaran terbaik untuknya. Di dalam bui, dia belajar ikhlas, pasrah, dan berpikiran positif. Dia tak ingin menyalahkan siapapun terkait apa yang telah menimpanya.

Terdakwa Kasus Hoax Ratna Sarumpaet Dituntut 6 Tahun Penjara

“Kesalahan itu ada pada diri saya. Tapi, saya percaya semua itu terjadi atas izin Allah. Dia ingin memberikan kesempatan untuk saya. Sehingga saat di penjara, saya tak merasa terbebani sama sekali,” tuturnya menambahkan.

 

Selama di penjara, Ratna Sarumpaet mengisi kesehariannya dengan menulis dan membaca buku. Dua kegiatan tersebut diakuinya, kerap membuat dia lupa waktu selama menjalani masa hukuman.

Kasus Ratna Sarumpaet bermula dari kicauannya di Twitter yang menyebutkan ia merupakan korban penganiayaan pada September 2018. Untuk memperkuat klaimnya, foto sang aktivis dengan wajah bengkak dan lebam pun beredar di dunia maya.

 Terdakwa Kasus Hoax Ratna Sarumpaet Dituntut 6 Tahun Penjara

Namun setelah melewati investigasi, polisi menyatakan Ratna terbukti menyebar hoax. Wajah bengkaknya yang sudah tersebar itu ternyata merupakan hasil dari prosedur sedot lemak di sebuah klinik kecantikan di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.*

Baca juga: Rahasiakan Jenis Kelamin Anak, Chacha Frederica: Biar Jadi Kejutan

1
3
BERITA FOTO
+ 3

Ratna Sarumpaet Jalani Sidang Vonis di PN Jakarta Selatan

Ratna Sarumpaet tiba di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini