nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Disetujui Keluarga Bermusik, Ryo Domara Pernah Hidup Menggelandang

Lintang Tribuana, Jurnalis · Rabu 18 Desember 2019 09:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 18 205 2143278 tak-disetujui-keluarga-bermusik-ryo-domara-pernah-hidup-menggelandang-PJ2ZdHNshB.jpg Ryo Domara (Foto: Instagram)

JAKARTA - Penyanyi Ryo Domara yang berhasil melambung lewat lagu Hilangnya Seorang Gadis ternyata pernah mengalami kisah hidup yang pahit. Mimpinya sebagai musisi ternyata sempat ditentang oleh keluarganya.

Karena itulah pada tahun 1998 selepas lulus SMA, Ryo Domara nekat untuk mewujudkan mimpinya dengan berhijrah dari Semarang ke Jakarta. Sesampainya di Jakarta, ia justru harus hidup menggelandang dengan tidur di depan warung makan.

"Di belakang mal itu kalau ada warung Padang, kalau malam itu ada kardus-kardusnya. Kardus-kardus itu tak ambil, tak buat tidur. Sampai sekarang lengan tangan kananku ini sakit karena buat bantal kalau aku tidur itu," kata Ryo saat berkunjung ke Kantor Redaksi Okezone di kawasan Kebon Sirih, Jakarta Pusat pada Selasa 17 Desember 2019.

Baca juga: Keliling Jawa Timur, Ryo Domara Tebar Virus "Goyang Gak Umum"

Ryo Domara di Kantor Okezone

Ia bahkan harus menumpang mandi di toilet yang ada di warung makan tersebut. Kemudian ia menjalani aktivitasnya sebagai juru parkir untuk menyambung hidup. Ryo Domara lalu bertemu dengan sejumlah anak yang rumahnya berada di dekat warung tempatnya bekerja. Tak disangka, pertemuan itu membawanya masuk ke dunia musik hingga bertemu dengan Sandy Pas Band pada tahun 1999.

"Diajak ke studio Sandy Pas Band. Aku bilang sama Sandy, 'mas boleh di sini mas' (Sandy bilang) 'Iya tapi elu bersih-bersih'. Aku bersih-bersih cymbal, nyapu, dan belajar musik," ujar Ryo.

Baca juga: Siap Polisikan 28 Akun Pembully Betrand Peto, Ruben Onsu: Tak Ada Ampun

Dari sana, Ryo akhirnya beralih profesi menjadi penjaga studio, dan kemudian mulai bermain musik di kafe-kafe. Namanya semakin dikenal kala ia berhasil memenangkan audisi yang diselenggarakan Erwin Gutawa pada 2008 dan menyanyikan lagu Hilangnya Seorang Gadis dalam album Rochestra.

Ryo Domara

Kini, Ryo Domara memutuskan untuk berkarier sebagai solois. Ia sudah merilis single Goyang Gak Umum yang bergenre rock dangdut dan tengah mempersiapkan album perdananya yang bertajuk Terima Kasih.

1
2
BERITA FOTO
+ 6

Vitalia Shesya Geram Komentar Netizen Tentang Pose Seksinya di Medsos

Pose model cantik Vitalia Shesya. (Foto: Instagram @vitaliashesyareal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini