nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cerita Dibalik Kumis Khas Milik Jojon

Adiyoga Priambodo, Jurnalis · Sabtu 07 Desember 2019 16:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 06 33 2138843 cerita-dibalik-kumis-khas-milik-jojon-Y2AaJG5g4s.jpg Jojon (Foto: Okezone)

JAKARTA - Siapa tak mengenal sosok Jojon. Kemampuannya dalam melawak serta berakting membuat Jojon dikenang sebagai salah satu komedian berbakat Tanah Air.

Jojon mengawali karirnya sebagai pelawak di era 70-an. Kala itu, Jojon tergabung dalam Jayakarta Group bersama Cahyono, Uuk dan Suprapto atau yang lebih dikenal sebagai Esther.

Bersama Jayakarta Group, nama Jojon melambung tinggi. Terlebih setelah dirinya tampil dengan gaya potongan kumis ala Charlie Chaplin yang jadi ciri khasnya.

 

Baca Juga: Asal Mula Penampilan Unik Jojon

Namun rupanya, terdapat sekelumit kisah dibalik ide Jojon membuat potongan kumis ala Charlie Chaplin. Menurut cerita Jojon, dirinya di masa muda sempat kesulitan menemukan ciri khas sebagai pelawak karena merasa terlalu tampan.

"Dulu itu aku kan ganteng ya. Tapi kalau ganteng doang terus ngelawak lucunya di mana?," ungkap Jojon dalam tayangan Bukan Empat Mata di 2014.

Hingga suatu ketika, Jojon coba mencoret-coret wajahnya untuk memberikan kesan lucu. Dari situlah ide membuat kumis ala Charlie Chaplin bermula.

Baca Juga: 4 Komedian Ini Meninggal Akibat Jantung, dari Stroke hingga Sakit Tahunan

 

"Pas coret-coret kumis, kok lucu ya?," kata dia.

Terbukti, tampilan Jojon dengan kumis sukses membuat penonton tak kuasa menahan tawa. Apalagi saat dipadukan dengan gaya khas Jojon yang selalu mengenakan celana hingga keatas perut, penampilannya kala itu benar-benar menghibur.

"Aku coba ngelawak, eh lucu," tuturnya.

Dari situ, Jojon pun mempertahankan potongan kumis ala Charlie Chaplin tersebut. Bahkan hingga akhirnya memutuskan bersolo karir di era 90-an sekalipun.

"Dari situ akhirnya pakai kumis terus," kenang Jojon.

Baca Juga: Tersebar Lagi, Video Obrolan Berbau Mesum Kekasih Kekeyi

Sayang, aksi Jojon kini tinggal kenangan. Pada 2014, Jojon menghembuskan napas terakhir akibat serangan jantung.

 

Padahal ketika itu, Jojon dan personel Jayakarta Group yang tersisa yakni Cahyono sempat berencana membangkitkan lagi kelompok lawak yang sudah membesarkan nama mereka.

1
3
BERITA FOTO
+ 9

Pesona Cantiknya Artis Astrid Tiar

Astrid Tiar merupakan seorang pemeran wanita di Indonesia. (Foto: Instagram @astridtiar127)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini