Buat Cuitan soal Identitas Bangsa Indonesia, Dian Sastro Sindir Agnez Mo?

Lintang Tribuana, Jurnalis · Selasa 26 November 2019 17:22 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 26 33 2134703 buat-cuitan-soal-identitas-bangsa-indonesia-dian-sastro-sindir-agnez-mo-I7eiVTKNMJ.jpg Dian Sastrowardoyo (Foto: Instagram/@therealdisastr)

JAKARTA - Dunia Twitter mendadak ramai karena cuitan Dian Sastro. Bintang Ada Apa Dengan Cinta itu memaparkan teori tentang identitas bangsa Indonesia.

Baca Juga: Agnez Mo Beri Penjelasan soal Klaim Tak Punya Darah Indonesia

Dian Sastrowardoyo

"Gue punya teori: bahwa rasa bangga kita sebagai bangsa Indonesia itu berbanding lurus dengan luasnya wawasan dan pengetahuan kita terhadap sejarah dan kebudayaan bangsa kita," tulis Dian pada Selasa (26/11/2019).

Melengkapi cuitannya, Dian mengunggah gambaran kurva. Berdasar kurva tersebut, semakin sedikit pengetahuan mengenai sejarah Indonesia, maka semakin rendah juga kecintaannya. Rasa bangga sebagai orang Indonesia berbanding lurus dengan rasa memiliki dan pengetahuan atau wawasan kebangsaan.

Dian Sastrowardoyo

Unggahan aktris 37 tahun itu langsung mendapat beragam komentar dari netizen. Di antaranya mengaitkan cuitan Dian dengan Agnez Mo. Pasalnya, sosok pelantun Nanana itu kini tengah menjadi sorotan publik akibat mengklaim dirinya tak memiliki darah Indonesia.

"Berarti secara enggak langsung wawasan dan pengetahuan sejarah, kebudayaan @agnezmo terhadap Indonesia masih sangat minim ya?" komentar seorang netizen.

Lainnya berkomentar, "Mungkin @agnezmo malu kalau ngaku orang asli Indonesia, karena negaranya enggak maju-maju."

Agnez Mo

Masalah tentang identitas bangsa ini bermula ketika Agnez Mo diwawancarai media Hollywood, Build Series pada 22 November lalu. Host mempertanyakan penampilan fisik Agnez yang terlihat berbeda dengan kebanyakan orang Indonesia.

Pertanyaan itu kemudian dijawab penyanyi 33 tahun tersebut dengan mengungkapkan asal-usulnya dan mengklaim tak memiliki darah asli Indonesia."Ya (terlihat berbeda) karena aku sebenarnya tidak memiliki darah Indonesia," ujar Agnez.

Baca Juga: Agnez Mo Klaim Tak Berdarah Indonesia, Netizen: Hati-hati Kalau Ngomong

Dia menambahkan, "Aku berdarah Jerman, Jepang, dan China. Tapi aku lahir dan tumbuh di Indonesia."

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini