nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bisnis 5 Selebriti Bollywood Ini Bikin Melongo

Rena Pangesti, Jurnalis · Sabtu 23 November 2019 13:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 22 33 2133402 bisnis-5-selebriti-bollywood-ini-bikin-melongo-XNEhlXAnl8.jpg Sunny Leone (Foto: The Indian Express)

INDIA – Laris manis sebagai aktris Bollywood yang membintangi sejumlah film ternama, tentunya membuat para selebriti seperti Shah Rukh Khan, Salman Khan, hingga Hrithik Roshan bergelimang harta. Namun ternyata, uang yang didapatkan mereka bukan hanya berasal dari dunia entertainment.

Diam-Diam sederet selebriti Bollywood itu membangun kerajaan bisnis mereka. Dimulai dari rumah produksi hingga investasi di berbagai bidang. Hal itu tentunya bertujuan melipatgandakan sumber penghasilan.

 Tematik

Baca Juga: Ali Syakieb Unfollow Instagram Citra Kirana, Netizen: Belum Move On

Okezone merangkum setidaknya 5 aktor Bollywood yang berhasil membangun bisnis mereka hingga berkembang sampai saat ini. Siapa saja diantara mereka? Berikut ulasan dirangkum dari berbagai sumber.

1. Shah Rukh Khan

 Shahrukh

Shah Rukh Khan melirik rumah produksi sebagai sasaran pertama bisnisnya. Tahun 2004 ia membangun Red Chillies Entertainment dan menjadikan sang istri, Gauri sebagai produser. Melansir MSN, Red Chillies Entertainment juga memproduksi film dengan visual efek (VFX) dan menawarkan ke rumah produksi lain.

Menambah deretan bisnis pria yang akrab disapa SRK ini, Ia pemilik dari Kolkata Knight Riders (KKR), tim olahraga kriket di Liga Premier India. Melansir Business Standar, KKR termasuk Tim terkaya di sana dengan nilai merek jual USD42,1 juta di tahun 2013.

Melansir India Times, Shah Rukh Khan juga menandatangani kerja sama dengan perusahaan real estate berbasis di UEA (Uni EMirat ARab) tahun 2008 silam. Sebuah projek rumah di tepi pantai senilai USD2,17 miliar dibangun di Pulau Dana, Ras Al Khaimah.

2. Salman Khan

 Salman Lhan

Salman Khan melirik dunia fesyen sebagai sasaran bisnisnya, Being Human didirikan tahun 2012 dan sukses di pasaran sebagai merek dagang mode pakaian.

Melansir Fashion Network, tahun 2017 ada 29 toko eksklusif, 24 toko waralaba, 405 outlet yang tersebar di beberapa negara seperti kawasan Eropa, Mauritius, Timur Tengah dan Nepal. Termasuk satu toko eksklusif di Bordeaux, Prancis.

Salman Khan juga telah merilis Being Smart sebagai merek dagang smartphone di kalangan pasar menengah tahun 2017. Aktor 53 tahun itu memilih China sebagai lokasi pabrik dan memasarkan handphone itu dengan harga di bawah Rs20.000 atau Rp3,9 juta.

MSN melaporkan Aktor Race 3 ini juga memiliki 5 persen saham di perusahaan travel online, Yatra.com. Business Today melaporkan, Salman Khan mulai menginvestasikan uangnya ke perusahaan itu sejak tahun 2012.

3. Ajay Devgn

 Ajay

Suami Kajol, Ajay Devgn tidak hebat dalam menginvestasikan uangnya. Pada Desember 2012, Ajay menginvestasikan uangnya di projek Tenaga Surya yang canggih di Charanaka, Distrik Patan, Gujarat.

Sebagai informasi tambahan, Gujarat adalah salah satu daerah pertama yang mengembangkan kapasitas pembangkit tenaga surya di India.

Mengutip Business Standard, perusahaan ini merupakan kerja sama antara Ajay, Roha Group, dan produser film Kumar Mangat.

Ajay Devgn juga memiliki rumah produksi bernama Ajay Devgn Films. Didirikan sejak tahun 2000, rumah produksi ini telah membuat setidaknya 9 film diantaranya Raju Chacha, Shivaay, Parched, Bol Bachchan dan beberapa lainnya. Selain itu, Ajay Devgn Films juga memiliki studio video effect (VFX).

4. Sunny Leone

 Sunny Leone

Sizzling Sunny Leone juga merintis karier bisnisnya. Sesuai dengan pekerjaannya sebagai aktris film dewasa Bollywood, ia memasarkan toko online berbau mainan seks, IMBesharam.com.

Melansir MSN, toko yang diluncurkan pada September 2012 tidak hanya memasarkan mainan, tapi juga pakaian dalam, kostum seksi, hingga aksesoris.

Selain itu, Leone juga menginvestasikan uangnya acara Box League Cricket, bisnis waralaba situs website untuk cerita pendek, dan sebuah online game.

Leone juga meluncurkan parfum bermerek Lust di Dubai. Aktris 38 tahun ini juga siap meluncurkan lini kosmetik yang dimulai dari lipstick, lip gloss dan liner.

5. Hrithik Roshan

 Hrithik

Hrithik Roshan membangun bisnis fesyen bernama HRX tahun 2013. Aktor Kabhi Kushi Kabhi Gham ini tidak sendiri, ia bekerja sama dengan Exceed Entertainment.

HRX juga menjual beragam produk pakaian olahraga. Mulai dari sepatu, baju, tas bahkan makanan sehat. Ia akan mengembangkan bisnis ini dengan membuka sebuah toko.

 

Bukan hanya pakaian untuk olahraga, Roshan juga berinvestasi di perusahaan startup CureFit yang berbasis di Bengaluru, ibukota di negara bagian India Karnataka.

1
3
BERITA FOTO
+ 3

Kasus Pembunuhan Satwa Langka, Aktor Bollywood Ini Dihukum 5 Tahun Bui

Aktor Bollywood Salman Khan (kemeja hitam) tiba di sebuah pengadilan di Jodhpur, negara bagian barat Rajasthan, India, Kamis 5 April 2018.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini