nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rahasia di Balik Foto 'Rok Terbang' Ikonik Marilyn Monroe

Hana Futari, Jurnalis · Sabtu 16 November 2019 08:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 15 33 2130427 rahasia-di-balik-foto-rok-terbang-ikonik-marilyn-monroe-QrmEimFsRg.jpg Marilyn Monroe. (Foto: JETSS)

NEW YORK – Berbicara tentang Marilyn Monroe tentu identik dengan salah satu foto ikoniknya yang kerap ditiru banyak orang dalam berbagai pesta kostum. Foto berjuluk ‘rok terbang’ itu diabadikan fotografer Sam Shaw saat promosi film The Seven Year Itch.

Dalam foto hitam putih itu, Marilyn Monroe tampak mengenakan gaun tanpa lengan berwarna putih. Dengan wajah penuh senyuman, dia berusaha menutup roknya yang tertiup angin. Proses pemotretan ‘rok terbang’ Monroe itu lahir dari ide kreatif Sam Shaw.

 Foto rok terbang Marilyn Monroe ini merupakan salah satu foto ikonik Marilyn Monroe selama lebih dari 60 tahun. (Foto: Shaw Family Archives)

Mengutip The Guardian, Sam Shaw memanfaatkan terowongan kereta bawah tanah yang terletak di depan bioskop di Lexington Avenue, New York sebagai tempat pemotretan. Beberapa kali melewati area itu, Shaw tampaknya tahu betul ada tekanan angin luar biasa yang dihasilkan setiap kali kereta bawah tanah melintas.

Menariknya, Sam Shaw mengambil foto itu pada 15 September 1954, sekitar pukul 01.00 dini hari. Prosesnya memang membutuhkan waktu lama karena dilakukan berulang-ulang sehingga menyita perhatian publik dan wartawan.

Baca juga: Marilyn Monroe di Antara Teori Konspirasi dan Kungkungan Kesepian 

Foto tersebut kemudian menjadi ikon Marilyn Monroe selama lebih dari 6 dekade. Popularitas foto itu bahkan mengalahkan popularitas film The Seven Year Itch yang diperankan Monroe kala itu.

Meski menjadi ikonik, sayangnya foto itu disebut-sebut sebagai pangkal perceraian Monroe dengan Joe DiMaggio. Suami kedua Monroe itu tampaknya tak menghendaki pengambilan gambar tersebut karena dinilai terlalu sensual.

 Foto rok terbang Marilyn Monroe ini merupakan salah satu foto ikonik Marilyn Monroe selama lebih dari 60 tahun. (Foto: Atlas Society)

Ketidaksukaan Joe DiMaggio ditunjukkannya dengan mendatangi lokasi pemotretan yang disesaki pengunjung. Saat dia datang, kondisi sekitar dikabarkan mendadak sunyi. Meski demikian, DiMaggio akhirnya memutuskan meninggalkan lokasi pemotretan itu.

Setelah pemotretan selesai, Marilyn Monroe kembali ke California, Amerika Serikat. Saat itulah dia dikabarkan mengajukan gugatan cerai terhadap sang suami yang berprofesi sebagai atlet baseball itu.

Pemotretan rok terbang Marilyn Monroe itu berujung pada perceraiannya dengan DiMaggio. (Foto: Instagram/@marilynmonroe/@SamShawPhoto)

Dalam gugatan cerainya, Monroe menuding DiMaggio melakukan kekerasan fisik kepadanya. Hal itu terjadi saat mereka bertengkar di hotel ketika sang aktris menjalankan syuting film The Seven Year Itch.*

Baca juga: Jessica Iskandar Pastikan Tak Akan Undur Pernikahan dengan Richard Kyle

1
3
BERITA FOTO
+ 9

Senangnya Cinta Laura Bisa Berbagi Pengalaman di Hollywood

Cinta Laura berpose bersama Ridwan Kamil dan Dino Patti Djala. (Foto: Instagram @claurakiehl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini