nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jefri Nichol Divonis 7 Bulan Rehabilitasi

Adiyoga Priambodo, Jurnalis · Senin 11 November 2019 17:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 11 33 2128456 jefri-nichol-divonis-7-bulan-rehabilitasi-4gorYbljaf.jpg Jefri Nichole (Foto: Instagram @jefrinichol)

JAKARTA - Sidang putusan kasus narkoba yang menjerat Jefri Nichol di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (11/11/2019) baru saja berakhir. Majelis Hakim menjatuhkan vonis 7 bulan rehabilitasi dikurangi masa tahanan bagi Jefri Nichol.

“Menjatuhkan pidana penjara terhadap terdakwa selama 7 bulan dikurangi masa tahanan. Menetapkan lamanya masa penangkapan tahanan dan masa rehabitasi dikurangkan sebelumnya dari pidana yang dijatuhkan,” ujar hakim dalam sidang kasus narkoba Jefri Nichol.

Terdapat sejumlah pertimbangan bagi Majelis Hakim dalam menjatuhkan putusan untuk Jefri Nichol. Meski dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana penyalahgunaan narkotika golongan I seperti yang diatur dalam Pasal 127 ayat (1) UU RI No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, Jefri Nichol juga dinyatakan sebagai korban sehingga hukuman penjaranya diganti dengan program rehabilitasi di Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Jakarta.

Baca juga: Jelang Vonis Putusan, Keluarga Berharap Jefri Nichol Dapat Keadilan

Jefri Nichol

Selain pertimbangan di atas, ada pula poin-poin yang meringankan hukuman Jefri Nichol. Di antaranya seperti sikap sopan Jefri Nichol selama persidangan serta menyatakan menyesal mengonsumsi narkoba  

Sementara untuk poin yang memberatkan, Majelis Hakim menilai Jefri Nichol tidak mendukung program pemerintah dalam memerangi peredaran narkoba. Ditambah dengan statusnya sebagai public figure, Majelis Hakim merasa Jefri Nichol seharusnya memberikan contoh positif bagi masyarakat.

Baca juga: Roy Kiyoshi Sebut Pedangdut Inisial AA Pakai 5 Susuk

Jefri Nichol

Menanggapi vonis putusan, Jefri Nichol menyatakan menerima apa yang sudah ditetapkan Majelis Hakim.

“Saya menerima,” ucap aktor 20 tahun singkat.

 

Sedangkan dari Jaksa Penuntut Umum menyatakan pikir-pikir untuk melakukan banding atau tidak. Mengingat vonis Majelis Hakim lebih ringan dari tuntutan 10 bulan rehabilitasi yang mereka ajukan.

Jefri Nichol terseret kasus narkoba usai ditangkap pada 22 Juli 2019 di kawasan Kemang, Jakarta. Dari hasil penangkapan Jefri Nichol, polisi turut mengamankan barang bukti berupa narkotika jenis ganja seberat 6,01 gram.

1
3
BERITA FOTO
+ 9

Setelah Nunung, Kini Giliran Jefri Nichol Tersandung Kasus Narkoba

Aktor idola remaja masa kini tersebut diamankan pihak berwajib pada hari ini, Selasa 23 Juli 2019.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini