nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Idap Gangguan Pendengaran, Aming Takut Hidup Sendiri

Lintang Tribuana, Jurnalis · Rabu 30 Oktober 2019 06:10 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 29 33 2123182 idap-gangguan-pendengaran-aming-takut-hidup-sendiri-3ZrCPM7Bil.jpg Aming Sugandhi. (Foto: Okezone/Ady Prawira Riandi)

JAKARTA - Presenter dan komedian Aming Sugandhi mengaku, takut hidup sendiri. Hal itu diungkapkannya saat menjadi bintang tamu dalam vlog YouTube Deddy Corbuzier bertajuk Dari Bencong, Cimeng, Bucin, hingga Hinaan Orang (Aming Menangis), pada 28 Oktober 2019.

Ketakutan Aming tersebut didasarkan pada gangguan pendengaran yang dialaminya selama ini. “Kalau ditanya sejak kapan seperti ini, gue juga enggak tahu. Tapi sepertinya itu bermula saat gue mengalami kelainan paru-paru,” ujar Aming.

 Aming mengaku mengalami hearing loss akibat pengobatan paru-paru yang pernah dijalaninya. (Foto: YouTube/Deddy Corbuzier)

Ternyata, pengobatan paru-paru yang dijalani Aming berdampak pada pendengarannya. Kondisi klinis yang dialami sang komedian umum disebut hearing loss. Dia masih bisa mendengar, namun tak mampu menangkap frekuensi tertentu.

Kondisi itu, akan memburuk ketika Aming mengalami kelelahan dan kurang istirahat. Pengalaman kurang menyenangkan, menurutnya, sempat terjadi ketika dia menjalani sidang tugas akhir.

Baca juga: Roy Kiyoshi Ngaku Tembak Evelyn Lewat Pesan Singkat 

“Gue enggak tidur selama seminggu karena mengerjakan TA. Jadi waktu dosen penguji bertanya, gue enggak bisa dengar dengan baik. Padahal, gue pakai alat bantu dengar,” ungkapnya.

Aming menambahkan, “Gue berusaha tenang dan meminta dosen penguji untuk mengulang pertanyaannya. Tapi, hal itu ternyata sudah mereka tanyakan beberapa kali.”

Kepada Deddy Corbuzier, Aming enggan menjelaskan kondisinya itu kepada orang lain. Bukan karena gengsi, dia merasa mengungkap kondisi itu kepada publik hanya akan menjadi boomerang dalam kariernya.

Aming mengaku enggan menjelaskan kondisinya tersebut karena khawatir dijadikan bahan selorohan. (Foto: Instagram/@amingisback) 

“Di dunia hiburan, seseorang dipekerjakan karena kapasitas bukan kekurangannya. Itu alasan gue menyembunyikan kondisi ini. Lagipula, di sini tak semua orang bisa menerima kekurangan orang lain,” tuturnya.

Keputusan itu diambilnya, setelah mengalami kejadian kurang mengenakkan terkait kondisi fisiknya. “Waktu gue mengidap paru-paru, sebenarnya ada kontrak iklan pelega tenggorokan. Tapi diputus karena gue dinilai tidak cukup representatif untuk mewakili produk mereka.”

Aming kecewa, karena banyak pihak yang melihat seseorang hanya dari fisik, bukan kemampuannya. Alasan itulah yang menurut mantan suami Evelyn Anjani itu memutuskan rehat sejenak dari dunia hiburan.

Bintang film Get Married itu mengungkapkan, ‘kelebihan’ tersebut memberikan banyak keuntungan baginya. Menggunakan alat bantu dengar, membuat Aming lebih berempati kepada orang-orang di sekitarnya.

Aming mengungkapkan banyak keuntungan yang didapatkannya dari kondisi tersebut. (Foto: Instagram/@amingisback) 

“Gue akan pakai hearing aid, kalau orang membicarakan hal baik tentang gue. Tapi kalau mereka membicarakan hal buruk, ya gue tinggal copot. Gampang kan? Kelebihan lainnya, gue bisa tidur lebih nyenyak dengan kondisi ini,” ujarnya menambahkan.

Namun Aming tak menampik kerap khawatir dengan kondisinya. Akibat hearing loss, dia menjadi takut hidup sendiri. “Di Indonesia kan sering terjadi bencana. Gue sering mikir, 'Bagaimana kalau terjadi gempa dan gue enggak bisa dengar? Jadi, terkadang gue merasa insecure.”*

Baca juga: Eriska Nakesya Akui Terpaksa Menikahi Young Lex

1
3
BERITA FOTO
+ 10

Intip Potret YouTuber Gaming Kimi Hime saat Berendam di Bathtub

Kimi Hime saat berendam di bathtub. (Foto: Instagaram @kimi.hime)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini