nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pesan Rossa untuk Pembully Sulli Eks f(x): Biasakan Jari Menulis yang Indah

Siska Maria Eviline, Jurnalis · Kamis 17 Oktober 2019 10:38 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 17 33 2118055 pesan-rossa-untuk-pembully-sulli-eks-f-x-biasakan-jari-menulis-yang-indah-GRi7E8UhGt.jpg Rossa. (Foto: Instagram/@itsrossa910)

JAKARTA - Penyanyi Rossa mengungkapkan belasungkawa atas kepergian Choi Jinri alias Sulli lewat Instagram, pada Rabu malam (16/10/2019).

Dalam unggahannya, Rossa menyayangkan kepergian Sulli yang terlalu dini. "Sedih banget mendengar bahwa diduga penyebab (kematiannya) adalah depresi karena #cyberbullying," ujar Rossa.

 Rossa turut mengomentari kasus cyber bullying yang memicu Sulli eks f(x) bunuh diri. (Foto: Instagram/@itsrossa910)

Ibu satu anak ini mengungkapkan, apa yang terjadi pada mantan personel f(x) itu merupakan sentilan keras bagi semua pihak. Peringatan agar menggunakan media sosial (medsos) dengan baik.

Berkomentar jahat, menurut Rossa, merupakan hal yang mudah dilakukan. Namun yang tak banyak disadari publik adalah efeknya kepada korban.

Baca juga: Minta Maaf ke Mendiang Sulli Eks f(x), Goo Hara Menangis saat Live Instagram 

Publik, menurut mantan istri Yoyo Padi itu, acap kali merasa berhak menghakimi kehidupan seorang public figure. Tak jarang pula, mereka merasa paling tahu kehidupan sang artis dan berspekulasi tentangnya.

"Coba diingat lagi. Betulkah kalian mengenal (public figure tersebut)? Kan cuma melihat di TV saja 😅," tuturnya.

Rossa kemudian mengajak para penggemarnya dan warganet untuk bersikap lebih baik kepada orang lain. Dia juga berharap, publik bisa lebih cerdas bermedia sosial.

"Gunakan medsos untuk saling support, biasakan jari menulis hal yang indah. Cintai karyanya, hormati pribadinya," ungkapnya. 

Sulli dipastikan meninggal karena gantung diri di lantai 2 apartemennya. (Foto: Twitter/IST)

Rossa berharap, penggemar dan publik bisa memberikan kritik yang membangun, bukan melukai. "Selamat jalan Sulli, semoga tidak ada lagi korban lainnya. #spreadlovenothate ❤️."

Sekitar 4 jam setelah diposting, unggahan Rossa itu pun ramai dikomentari warganet, salah satunya dari mantan penyiar Tommy Prabowo. Dalam komentarnya, dia mengungkapkan, tak semua orang kuat menghadapi bullying.

Insiden Sulli itu bahkan membuat regulator di Negeri Ginseng tersebut berencana membuat peraturan tegas soal hate comment. Tommy berharap, Indonesia bisa mengikuti langkah baik tersebut.

 Sulli dipastikan meninggal karena gantung diri di lantai 2 apartemennya. (Foto: Instagram/@jelly_jilli)

"Semoga kita dikelilingi orang-orang yang mau berdamai dengan luka masa lalu, sukses, dan penuh cinta. Jadi tak sempat menyakiti orang lain," ujarnya yang ditanggapi Rossa dengan, "Amin. Sangat setuju."

Sulli memutuskan mengakhiri hidupnya dengan gantung diri di lantai dua rumahnya di Seongnam, Korea Selatan, pada 14 Oktober 2019. Polisi menduga, dia bunuh diri akibat depresi karena kerap menerima hate comment.*

Baca juga: Mariah Carey Tolak Ajakan Rujuk sang Mantan Suami 

1
3
BERITA FOTO
+ 8

Kabar Status Hubungannya dengan Rossa, Intip Keseharian Seorang Afgan

Foto Afgan mengenakan jas. (Foto: Instagram @afgansyah.reza)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini